Jangan Jemawa Dulu, Vinicius!

Vinicius Junior (Reuters/Juan Medina)
04 November 2018 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MADRID - Siulan dan cemoohan fans Real Madrid terdengar riuh ketika tim kesayangan mereka hanya bermain imbang tanpa gol saat jeda turun minum melawan Real Valladolid di Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (3/11/2018) malam WIB.

Padahal, Madrid menurunkan starting XI terbaik mereka. Gareth Bale, Karim Benzema, Luka Modric, hingga kapten Sergio Ramos mengisi starting XI tim berjuluk Los Blancos tersebut. Tapi rupanya bintang-bintang Madrid tersebut tidak memuaskan hati pendukung mereka karena gagal memanfaatkan sejumlah peluang.

Caretaker pelatih Madrid, Santiago Solari, membuat keputusan tepat di babak kedua. Dia mengganti Bale dengan Lucas Vazquez dan menarik Marco Asensio dengan pemain belia 18 tahun, Vinicius Junior, sekitar menit ke-73.

Hasilnya, hanya kurang 10 menit setelah turun dari bangku cadangan, Vinicius memecah deadlock timnya dengan gol yang berbau keberuntungan. Gol tersebut sempat mengenai pemain Valladolid, Kiko Olivas. Namun, itu tidak dianggap sebagai gol bunuh diri Olivas. Lima menit kemudian, Madrid menggandakan keunggulan lewat tendangan penalti panenka Sergio Ramos.

Kehadiran Vinicus dari bangku cadangan seolah memberi berkah bagi Solari. Menurut Marca, inilah yang tidak dilakukan pelatih Madrid sebelumnya, Julen Lopetegui, sebelum dipecat awal pekan lalu. Lopetegui hanya memberi kesempatan Vinicius bermain dalam 12 menit saat masih menduduki kursi pelatih Los Blancos.

Vinicius membayar kepercayaan yang kini diberikan Solari. Pada laga sebelumnya, dia juga tampil mengesankan dengan menyokong dua assist saat Madrid menundukkan tim divisi keempat, Melilla, 4-0 di Copa del Rey. Namun, Solari berusaha menjaga Vinicius agar tetap membumi setelah pencapaiannya ini.

"Vinicius masih punya karier panjang dan jangan menilainya saat ini. Saya memintanya untuk berani, dia tahu apa yang mesti diperbuat. Saya juga memintanya untuk tetap merendah, itu yang harus dia ketahui," jelas Solari, seperti dilansir marca.com.

Yang penting, Madrid mulai memperbaiki posisi mereka dengan merangkak ke peringkat keenam klasemen sementara Liga Primera. "Kami harus terus mendapatkan tiga poin dan kembali ke tempat kami sesungguhnya," ujar Vinicius.