Emery Bikin Arsenal Trengginas Lagi

Unai Emery (Reuters/David Klein)
05 November 2018 00:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Alexandre Lacazette menjadikan ulang tahun Manajer Arsenal, Unai Emery, yang ke-47 terasa sangat spesial. Bomber Arsenal tersebut mencetak gol telat untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah timnya tertinggal gol pemain Liverpool, James Milner, pada big match di Emirates Stadium, London, Minggu (4/11/2018) dini hari WIB.

Ya, tepat di momentum ulang tahun Emery yang ke-47 tersebut, Arsenal membuktikan sebagai salah satu penantang serius di papan atas Liga Premier musim ini. Meski belum genap lima bulan menduduki kursi manajer Arsenal, Emery telah melakukan banyak perubahan untuk mempermak wajah Arsenal yang terlihat kusam di akhir kepemimpinan Arsene Wenger. Streak tak terkalahkan dalam 14 laga di berbagai kompetisi menjadi bukti keberhasilan instan Emery, terutama ketika bangkit menahan Liverpool.

Dalam duel di Emirates Stadium, Arsenal mendominasi penguasaan bola hingga 62 persen. Serangan tim berjuluk The Gunners yang diisi kuartet Mesut Ozil-Henrikh Mkhitaryan-Lacazette-Pierre-Enmerick Aubameyang, sangat gigih membongkar pertahanan Liverpool, terutama dari open play. Aubameyang cs. melepaskan 12 tembakan percobaan, di mana 10 di antaranya berasal dari permainan terbuka.

“Hari ini [Minggu WIB] menjadi ujian siapa kami sebenarnya ketika melawan tim seperti Liverpool. Setelah melawan Manchester City dan Chelsea [Arsenal kalah], mungkin hari ini kami semakin dekat [dengan penampilan tim papan atas],” jelas Emery, seperti dilansir standard.co.uk.

Penampilan berkelas diperlihatkan kedua tim pada matchday ke-11 Liga Premier di Emirate Stadium. Meski terjadi jual beli serangan, Arsenal dan Liverpool gagal mencetak gol di babak pertama. Milner akhirnya memecah kebuntuan Liverpool setelah meneruskan bola rebound hasil tepisan kiper Arsenal, Bernd Leno, terhadap crossing Sadio Mane, pada menit ke-61.

Pertahanan Liverpool yang dipimpin bek termahal di dunia, Virgil van Dijk, dan kiper termahal kedua di dunia, Alisson Becker, benar-benar sulit ditembus penyerang tuan rumah. Tapi, pasukan Emery tidak menyerah. Kerja keras penyerang Arsenal akhirnya membuahkan hasil ketika tembakan Lacazette tak mampu dibendung Alisson pada menit ke-83.

“Virgil mengatakan kepadaku seusai laga, seharusnya dia bisa mencetak hattrick. Namun dia bahkan tidak mencetak satu pun gol. Di babak kedua, kami sedikit mengubah formasi dan itu membantu kami,” ujat Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, seperti dilansir liverpoolecho.co.uk.