Tak Mau Ambil Resiko, Liverpool Tak Bawa Shaqiri ke Belgia

Xherdan Shaqiri (Reuters/Carl Recine)
05 November 2018 22:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BELGRADE — Jurgen Klopp membuat keputusan mengejutkan menjelang lawatan Liverpool ke markas Red Star Belgrade di Stadion Rajko Mitic, Belgrade, Serbia, Rabu (7/11/2018) dini hari WIB. Meski tak mengalami cedera, Klopp meninggalkan Xherdan Shaqiri dalam laga matchday keempat Liga Champions tersebut.

Usut punya usut, sang pelatih ternyata tak ingin polemik soal selebrasi gol berbau politis Shaqiri di Piala Dunia 2018 kembali mencuat. Saat itu Shaqiri yang membela Swiss merayakan golnya ke gawang Serbia dengan mengaitkan kedua tangan hingga menyerupai burung elang, simbol negara Albania.

Aksi itu sebagai bentuk protes atas perlakuan diskriminatif Serbia selama dia dan keluarganya yang tinggal di Kosovo sebelum pindah ke Swiss. “Kami sudah membaca situasi dan memilih menghindari gangguan apa pun di laga nanti. Untuk alasan itu, Shaqiri tidak kami sertakan di tim. Dia sudah menyetujui dan memahami hal ini,” ujar Klopp seperti dilansir BBC, Senin (5/11/2018).

Absennya Shaqiri sebenarnya menjadi kerugian tersendiri bagi Liverpool. Gelandang berusia 27 tahun itu bisa menjadi pendobrak kebuntuan apabila trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino, kehabisan akal. Saat The Reds menghajar Cardiff dengan skor 4-1 akhir Oktober lalu, Shaqiri ikut menyumbang satu gol meski tampil dari bangku cadangan.

Tuan rumah diprediksi bakal tampil ngotot untuk menyelamatkan peluang lolos ke babak selanjutnya. The Star, julukan Red Star, sejauh ini baru mengumpulkan satu poin dari tiga laga awal fase grup. Mereka bakal terdepak dari Liga Champions jika keok dari Liverpool dan di sisi lain Napoli menang atas Paris Saint Germain (PSG).

Red Star sejatinya punya beberapa pemain berkualitas seperti Marko Marin yang mencetak satu gol ke gawang PSG. Raksasa Serbia itu juga punya Richmond Boakye yang berpotensi menghadirkan drama yang sesungguhnya bagi The Reds di Rajko Mitic. Sejauh ini striker asal Ghana itu telah mengemas lima gol dalam empat penampilan di liga utama Serbia.

Namun Liverpool jelas bukan lawan enteng. Perbedaan kualitas di antara kedua tim sudah terlihat di pertemuan sebelumnya saat Sadio Mane dkk meremukkan Red Star dengan skor 4-0 di Anfield. Selain itu, Liverpool sedang berada dalam form yang bagus setelah tak terkalahkan dalam lima laga terakhir mereka di semua ajang.