Hati-Hati Barca, Inter Sedang Trengginas

Barcelona vs Inter Milan (Reuters/Juan Medina)
06 November 2018 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MILANInter Milan sudah tahu caranya menang. Kalimat itu dilontarkan pelatih kawakan Italia, Marcello Lippi, setelah Inter berhasil menggasak Lazio dengan skor 3-0 di Olimpico, 30 Oktober. Ucapan pelatih berusia 70 tahun ini makin mendapat pembenaran setelah Nerazzurri giliran menghajar Genoa lima gol tanpa balas akhir pekan lalu.

Hasil sensasional itu membuat Milan Skriniar dkk. memetik sembilan kemenangan dalam 10 laga terakhir di semua ajang. Satu-satunya kekalahan tersebut berasal dari Barcelona yang bakal kembali mereka hadapi dalam fase grup Liga Champions di Giuseppe Meazza, Rabu (7/11/2018) dini hari WIB.

Di pertemuan pertama kedua tim 25 Oktober 2018 lalu, Inter tampil antiklimaks sehingga takluk 0-2 dari Blaugrana. Padahal Barcelona harus bermain tanpa Lionel Messi yang absen karena cedera bahu. Namun kisah berbeda bisa terjadi di pertemuan kedua. Kemenangan telak Inter atas Lazio dan Genoa menunjukkan bahwa tim semakin matang.

Striker Mauro Icardi yang kesulitan mencetak gol saat bertandang ke Camp Nou berpotensi menunjukkan kualitas sebenarnya di Giuseppe Meazza. Icardi memang masih menjadi momok dengan koleksi delapan gol dari 11 laga di semua ajang. Selain tajam saat menyerang, Mauro Icardi dkk. disiplin dalam menjaga benteng pertahanan. Hal itu dibuktikan dengan catatan tujuh clean sheets dalam 19 laga terakhir mereka.

Gelandang Inter, Borja Valero, sendiri yakin bukan hal mustahil mengalahkan Barcelona di kandang sendiri. “Jika tidak [yakin], kami tidak akan bertanding,” ujar Valero seperti dilansir Football Italia, Senin (5/11/2018).

Kepercayaan diri Valero didukung sejarah pertemuan kedua tim di Giuseppe Meazza. Dari tiga lawatan Blaugrana ke markas Inter, mereka hanya mampu memetik dua hasil imbang tanpa sekalipun meraih kemenangan. Lawatan terakhir Barca ke Giuseppe Meazza bahkan berujung kekalahan yakni pada leg pertama semifinal Liga Champions 2009/2010. Saat itu Inter unggul 3-1. Hasil ini mengantarkan mereka ke final Liga Champions karena di leg kedua Barca hanya mampu menang 1-0 di Camp Nou.

Barcelona sendiri belakangan tampil kurang meyakinkan saat away di Liga Champions. Mereka hanya meraih enam kemenangan dari 17 laga tandang terakhir, enam di antaranya berujung kekalahan. Empat kekalahan terbaru terjadi di 10 laga away terakhir. “Kami selalu mengatakan bahwa kami bisa menghadapi siapapun, hal itu masih berlaku sampai sekarang,” tukas Pelatih Inter, Luciano Spalletti.