Atletico Madrid Vs Dortmund: Menguji Tuah Wanda Metropolitano!

Borussia Dortmund vs Atletico Madrid (Reuters/Wolfgang Rattay)
06 November 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MADRID — Musim ini Atletico Madrid memiliki penyakit baru yang cukup kronis. Los Rojiblancos, julukan Atletico, tampil bak ayam sayur jika bermain di luar kandang mereka, Stadion Wanda Metropolitano. 

Bayangkan saja, Antoine Griezmann dkk. hanya mampu merengkuh tujuh poin dari 18 poin yang mungkin didapat dari laga tandang mereka. Hasil imbang 1-1 melawan tim papan bawah Leganes di Estadio Municipal de Butarque pekan lalu semakin menegaskan lemahnya Atletico saat bermain di kandang lawan. 

Satu-satunya kemenangan tandang mereka terjadi saat melawan Getafe (2-0) pada 22 September lalu. Sisanya Atletico ditahan imbang Valencia, Real Madrid, Villareal dan Leganes serta keok 0-2 di markas Celta Vigo. Penyakit itu juga menular di Liga Champions saat mereka digebuk Borussia Dortmund 0-4 di Jerman 25 Oktober 2018 lalu.

Namun Atletico Madrid punya kesempatan untuk melampiaskan dendam saat menjamu pemimpin klasemen sementara Bundesliga itu di Wanda Metropolitano, Rabu (7/11/2018) dini hari WIB. Terlepas dari hasil buruk di markas lawan, Atletico terbukti kerap meraih hasil positif jika bermain di kandang sendiri. 

Los Rojiblancos hanya melepas dua poin dari kemungkinan 15 poin ketika imbang melawan Eibar 1-1, 15 September lalu. Sisanya anak asuh Diego Simeone menggasak Rayo Vallecano, Huesca, Real Betis dan Real Sociedad. Di Liga Champions, mereka juga berhasil menggebuk Club Brugge 3-1 di Wanda Metropolitano. 

Bek Atletico, Stefan Savic, mengakui selalu ada motivasi tersendiri jika tampil di stadion berkapasitas 66.591 penonton tersebut. “Mungkin melebihi normal,” ujarnya seperti dilansir Marca, Senin (5/11/2018).

Masalahnya, yang mereka hadapi kali ini adalah Dortmund, tim yang tak terkalahkan di 17 laga kompetitif terakhir. Die Borussen juga sukses mengoleksi enam kemenangan dari tujuh laga kandang terkini. Pekan lalu Wolfsburg menjadi korban keganasan Dortmund setelah keok lewat gol tunggal Marco Reus. 

Di ajang DFB Pokal sebelumnya, Reus juga menjadi pahlawan saat memastikan kemenangan 3-2 atas Union Berlin di perpanjangan waktu. Jika tak hati-hati, tuah Wanda Metropolitano bisa berakhir di tangan Dortmund.