Juventus Memburu Sejarah Quintrick di Liga Champions

Pemain Juventus merayakan kemenangan atas Cagliari pada pertandingan pekan ke/11 Liga Italia musim 2018/2019. (Reuters/Massimo Pinca)
06 November 2018 21:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, TURINJuventus merupakan satu dari tiga tim yang mencatat hasil sempurna dalam tiga laga pembuka fase grup Liga Champions musim ini. Padahal, tim berjuluk Bianconeri itu masuk ke grup yang terbilang tak mudah.

Juve berada di Grup H Liga Champions bersama dua tim yang memiliki sejarah lumayan apik di Eropa, Manchester United dan Valencia. Hanya Young Boys, tim yang berstatus underdog di grup tersebut. Nyatanya Bianconeri, julukan Juve, menyapu kemenangan dalam tiga laga pembuka, termasuk menaklukka United 1-0 di Old Trafford, pada matchday ketiga lalu.

Kemenangan di Old Trafford tersebut mendekatkan Cristiano Ronaldo dkk. ke babak 16 besar. Juve hanya membutuhkan hasil imbang ketika menjamu United di Allianz Stadium, Turin, Kamis (8/11/2018) pukul 03.00 WIB, untuk menyegel tiket ke fase knock-out. Juve pun akan lolos dari fase grup selama lima musim beruntun (quintrick) untuk kali pertama dalam sejarah mereka di Liga Champions.

Bahkan, pasukan Massilimiano Allegri akan memastikan lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup jika meraih kemenangan atas United pada matchday keempat Grup H tersebut. Juve mendapatkan angin segar dengan membaiknya beberapa bintang mereka dari cedera.

Bek Giorgio Chiellini dan playmaker Miralem Pjanic dipastikan pulih dan siap dimainkan melawan Setan Merah, julukan United. Sementara Mario Mandzukic, Federico Bernardesci, dan Douglas Costa mulai mendapat lampu hijau kembali ke lapangan.

"Kami harap bisa memainkannya [Mandzukic] Rabu [Kamis dini hari WIB], lihat juga apakah Bernardeschi bisa main atau tidak. Douglas Costa merasakan sakit. Jika Mandzukic bisa main, dia [Costa] tidak akan dimainkan karena dia baru sembuh dari cedera engkel," jelas Allegri, seperti dilansir tribuna.com, Selasa (6/11/2018).

Sementara, United harus menghindari kekalahan di Allianz Stadium jika tidak ingin peluang mereka lolos ke babak 16 besar menjadi tipis. Pasukan Jose Mourinho akan kehilangan posisi runner-up di klasemen sementara Grup H jika sampai kalah atas Juve dan Valencia menang atas Young Boys.

Ini akan menjadi kunjungan pertama Setan Merah ke markas Juve sejak 2003. Saat itu, tim Liga Premier itu menang telak 3-0 di kandang Juve yang masih berada di Delle Alpi Stadium. Namun, sejak Juve pindah ke Allianz Stadium pada 2011, hanya ada dua tim yang mampu menaklukkan Bianconeri di Liga Champions yakni Real Madrid (2018) dan Bayern Munich (2013).