Bawa Madrid Menang Terus, Solari Dipertahankan Madrid?

Santiago Solari (Reuters/David W Cerny)
08 November 2018 21:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, PLZEN — Santiago Solari kembali sukses melewati ujian sebagai pelatih interim Real Madrid setelah membawa tim membekuk Viktoria Plzen lima gol tanpa balas di Doosan Arena, Plzen, Kamis (8/11/2018) dini hari WIB. Itu menjadi kemenangan ketiga dari tiga pertandingan Madrid setelah Solari mengambilalih posisi Julen Lopetegui.

Menariknya, seluruh kemenangan itu diraih dengan skor meyakinkan dan tanpa sekali pun kebobolan. Sebelum membungkam Plzen di matchday keempat Liga Champions, Los Blancos menguliti Melilla dengan skor 4-0 di Copa del Rey serta membekuk Real Valladolid dengan skor 2-0 di Liga Champions. Solari menjadi manajer Madrid pertama yang mampu meraih kemenangan tanpa kemasukan gol di tiga laga awal sejak Luis Carniglia melakukannya pada tahun 1957.

Spekulasi pengangkatan Solari sebagai pelatih tetap kian santer setelah Sergio Ramos dkk. meraih kemenangan di tiga laga beruntun. Pertandingan jelang jeda internasional kontra Celta Vigo di Liga Spanyol, Senin (12/11/2018), disebut bakal menjadi ujian kelayakan terakhir bagi Solari. 

Sesuai peraturan Liga Spanyol, pelatih sementara memang hanya boleh bertahan 15 hari, setelah itu klub harus menunjuk pelatih resmi. Manajemen Los Blancos kabarnya akan memanfaatkan jeda internasional untuk menimbang apakah tetap mempertahankan Solari atau mencari pelatih baru.

Sejauh ini nama Antonio Conte paling santer disebut untuk menjadi pelatih baru Los Blancos. Solari sendiri tampak tak ambil pusing dengan peluangnya menjadi pelatih tetap Los Galacticos. Eks winger Madrid pada era 2000-an itu hanya ingin berkonsentrasi pada pertandingan selanjutnya. “Satu-satunya hal yang bisa saya lakukan adalah fokus ke laga berikutnya dan itu tak masalah buat saya,” ujar Solari seperti dilansir Realmadrid.com.

Meski masih malu-malu kucing, keberadaan Solari di Santiago Bernabeu ternyata mendapat dukungan sejumlah pemain seperti Casemiro dan Alvaro Odriozola.  Casemiro menilai permainan tim saat mengalahkan Plzen 5-0 sudah sangat meningkat. “Hasil ini membantu kami mengembalikan kepercayaan diri,” ujar Casemiro.

Sementara itu, Odriozola mengaku siap berjuang sekuat tenaga agar Solari dipertahankan Madrid. Dia menilai pelatih 42 tahun itu adalah sosok pelatih yang hebat. Kami fokus bekerja untuk siapa pun pelatihnya. Namun, kami akan berjuang sampai mati untuk Solari,” ujarnya seperti dilansir Marca.