Gol Lilipaly Dianulir! Indonesia Tertinggal dari Singapura

Timnas Indonesia (pssi.org)
09 November 2018 19:50 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SINGAPURA - Timnas Indonesia tertinggal dari Timnas Singapura di babak pertama pada pertandingan pertama fase grup Piala AFF 2018. Tim Garuda tertinggal dengan skor 1-0.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11/2018) malam WIB, Indonesia terlihat kesulitan di awal. Stefano Lilipaly dkk. tak mampu mengembangkan permainan. Mereka pun lebih banyak ditrekan oleh Singapura. 

Pada menit kedelapan, Singapura nyaris membuat gol. Yassir Hanapi mendapat umpan matang yang membuatnya tinggal berhadapan dengan kiper. Beruntung Andritany masih mampu memblok tembakan Hanapi. Tak lama berselang giliran sundulan Ikhsan Fandi yang melenceng tipis.

Di menit ke-14, giliran Indonesia yang mengancam. Berawal dari Stefano Lilipaly yang membawa bola di sisi kiri pertahanan Singapura. Bola lantas dioper ke tengah namun mengenai bek Singapura. Tapi bola lantas mengarah ke gawang dan hanya menerpa mistar gawang.

Singapura menerapkan pressing yang sangat ketat. Hal itu membuat para pemain Indonesia kesulitan. Setiap pemain Indonesia membawa bola, selalu ada pemain Singapura yang menempel ketat. Termasuk dua sayap, Febri Hariyadi dan Irfan Jaya, yang membuat keduanya kesulitan menyisir pertahanan Singapura.

Tuan rumah akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-36. Berawal dari sapuan Putu Gede yang tak sempurna, bola muntah di kotak penalti lantas disambar kapten Singapura Hariss Harun yang berujung gol. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Singapura.

Indonesia sempat mencetak gol semenit kemudian melalui Stefano Lilipaly. Namun, gol tersebut dianulir lantaran Irfan Jaya yang memberi umpan kepada Lilipaly dianggap dalam posisi offside. Padahal dalam tayangan ulang, Irfan terlihat dalam posisi onside. Skor 1-0 untuk Singapura bertahan hingga jeda turun minum.

Susunan pemain Timnas Indonesia

Andritany Ardhiyasa, Putu Gede, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Rizky Pora, Zulfiandi, Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Irfan Jaya, Febri Hariyadi, Alberto Goncalves