Manchester City Vs Manchester United: Posisi di Klasemen Bukan Jaminan!

Manchester City vs Manchester United (Reuters/Lee Smith)
09 November 2018 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTERManchester United (MU) dan Manchester City ibarat langit dan bumi jelang Derby Manchester yang digelar di Etihad, Minggu (11/11/2018) malam WIB. City sejauh ini amat jemawa dengan berada di pucuk klasemen bermodal 29 poin dari 11 pertandingan. Bersama Chelsea dan Liverpool, The Citizens menjadi klub yang belum tersentuh kekalahan musim ini.

Bandingkan dengan MU yang “hanya” berada di peringkat tujuh, selisih sembilan poin dari City di singgasana. Namun posisi di klasemen ini bisa jadi menipu jika melihat performa United beberapa waktu terakhir. Penampilan anak asuh Jose Mourinho itu perlahan menanjak setelah tidak terkalahkan di empat laga terakhir di liga. Mereka juga baru saja memberikan kekalahan perdana pada Juventus di Liga Champions tengah pekan lalu.

Gelandang City, David Silva, menilai jalannya Derby Manchester sudah banyak berubah sejak City menggasak United dengan skor 6-1 di Old Trafford tujuh tahun lalu. Setelah itu Manchester Biru tak lagi inferior ketika bertemu musuh bebuyutannya baik kandang maupun tandang. Sejak saat itu City dan United berbagi tujuh kemenangan dari 16 pertemuan yang mereka jalani.

“Kuncinya adalah kemenangan 6-1, saya pikir setelah itu banyak hal yang berubah [dalam derby],” ujar Silva seperti dilansir ESPN, Jumat (9/11/2018).

Musim ini City bahkan lebih diunggulkan mengingat posisi mereka di puncak klasemen. Namun Silva menolak gegabah. Dia memilih berkaca pada pertemuan terakhir kedua klub agar bisa menghentikan laju Setan Merah.

Musim lalu, City harus menelan kekalahan pahit 2-3 di Etihad meski sempat unggul 2-0 via Vincent Kompany dan Ilkay Gundogan. Di babak kedua United secara dramatis membalikkan kedudukan lewat brace Paul Pogba dan sebiji gol Chris Smalling.

“Jelas itu [sembilan angka] selisih yang besar. Namun setiap derby pasti berbeda. Anda bisa melihatnya terlepas bagaimana posisi di tabel,” kata Silva seperti dilansir Daily Mail, Jumat.

Gelandang MU, Ander Herrera, mengakui timnya tak diunggulkan dalam derby akhir pekan ini. Namun dia menyebut kemenangan 2-1 atas Juventus akan menjadi modal berharga untuk melawat ke Etihad. “Memang benar mereka favorit menyusul performa mereka yang luar biasa, tapi kami adalah Manchester United dan Anda tak pernah tahu apa yang bisa terjadi,” ujarnya dilansir Sky Sports