Spanduk Suporter Timnas Indonesia Jadi Sorotan Media Asing

Spanduk sindiran suporter untuk Timnas Indonesia pada pertandingan Piala AFF 2018 antara Indonesia dan Singapura di Stadion Nasional Singapura, Jumat (/11 - 2018) malam. (Foxsportsasia.com)
10 November 2018 19:00 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, SINGAPURA — Kekalahan Tim Nasional (Timnas) Indonesia pada pertandingan perdananya di ajang Piala AFF 2018 melawan Singapura di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11/2018) malam, tampaknya menyisakan kekecewaan mendalam bagi para suporter.

Bahkan, para suporter Timnas Indonesia yang mendukung langsung di Stadion Nasional Singapura membentangkan spanduk sindiran terhadap tim yang mereka dukung.

Spanduk besar itu berisi tulisan sindiran terhadap timnas senior yang mereka anggap tak malu dengan prestasi yang diraih timnas junior. "Tidak Malu Kah Kalian dengan Prestasi Juniormu," begitu bunyi tulisan dalam sepanduk tersebut.

Sindiran suporter Indonesia itu tampaknya bukan hanya viral di media sosial, namun juga menyita perhatian salah satu media olahraga ternama di Asia, Fox Sport Asia. "Suporter Indonesia mengejek tim yang mereka dukung pada laga kontra Singapura," tulis Fox Sport Asia pada judul di laman berita online-nya.

Di berita tersebut, Fox Sport Asia menyebut sekitar 1.300 orang yang datang ke Stadion Nasional Singapura awalnya bersemangat untuk memberikan dukungan terhadap Timnas Indonesia.

Namun setelah Indonesia tertinggal 1-0 dari Singapura, para suporter Indonesia justru membentangkan spanduk sindiran. Hal itu dianggap sebagai wujud protes suporter terhadap timnas senior yang masih belum kunjung berprestasi.

Fox Sport Asia juga menyebut Timnas Indonesia memang belum menunjukkan performa terbaiknya di bawah asuhan Bima Sakti. Hal itu juga diduga menjadi pemicu protes dari para suporter.

Di pertandingan perdananya pada Piala AFF 2018, Tim Garuda harus mengakui kunggulan Singapura dengan skor 1-0. Indonesia tertinggal sejak menit ke-37 dan tak mampu menceploskan satu pun gol balasan ke gawang Singapura hingga peluit panjang tandan berkahirnya pertandingan ditiup wasit.