Bisa Bawa Madrid Terus Menang Solari?

Santiago Solari (Reuters/Juan Medina)
11 November 2018 18:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, VIGO — Real Madrid disebut-sebut hanya memberi kesempatan empat laga kepada Santiago Solari untuk menunjukkan tangan dinginnya menangani Sergio Ramos dkk. Nah, laga keempat alias terakhir itu akan dilakukan Solari ketika mendampingi Madrid pada jornada ke-12 Liga Spanyol di markas Celta Vigo, Abanca Balaidos, Vigo, Senin (12/11/2018) pukul 02.45 WIB.

Dalam tiga pertandingan pertamanya, Solari mampu membawa Madrid menyapu kemenangan di semua kompetisi, dengan mencetak 11 gol dan selalu clean sheet. Jika bisa meneruskan tren kemenangan meyakinkan di markas Celta, posisi Solari bisa jadi akan dipermanenkan di kursi pelatih Madrid yang kosong sejak Julen Lopetegui dipecat dua pekan lalu.

Paling tidak, masa tugas Solari sebagai interim pelatih tim berjuluk Los Blancos itu akan diperpanjang hingga Natal nanti, alias setelah mereka bermain di Piala Dunia Klub. Seperti dilansir Marca, Sabtu (10/11/2018), Solari dianggap sebagai figur yang tepat untuk mendampingi Karim Benzema cs. paling tidak sampai akhir tahun ini.

Sebelumnya, dukungan kepada Solari juga sudah diutarakan sejumlah pemain Madrid. “Mengapa dia [Solari] tidak dilanjutkan sampai akhir musim?,” ujar Benzema seusai Madrid membantai Viktoria Plzen dengan skor 5-0 tengah pekan ini.

Dalam jajak pendapat yang dilakukan media AS, Solari mendapat dukungan besar untuk dijadikan pelatih tetap Madrid. Sebanyak 82% dari 56.535 suara meminta Madrid untuk menyerahkan tugas pelatih kepada Solari. Sedangkan hanya 18 persen suara yang meminta agar suksesor Lopetegui diserahkan kepada pelatih lain.

Meski begitu, Solari sepertinya harus lebih fokus mempersiapkan timnya melawan Celta alih-alih memikirkan nasibnya di kursi pelatih tim senior Madrid. Kendati tercecer ke peringkat ke-13 klasemen sementara Liga Primera, Celta musim ini membuat beberapa kejutan di Balaidos. Salah satunya dengan menaklukkan Atletico Madrid 2-0, awal September lalu.

"Ini akan jadi laga yang berat, kami perlu fokus dalam segala hal. Kami lihat pemain ingin terus mendapat poin untuk memangkas ketertinggalan. Masih-masing laga punya alasan, kami hanya fokus untuk besok, kontrak jangka panjang bukan persoalan kami," jelas Solari. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)