Tajam di Klub, Alcacer Justru Tak Dipanggil Timnas Spanyol

Paco Alcacer (Reuters/Wolfgang Rattay)
14 November 2018 21:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, DORTMUND - Gemilang di klub, tenggelam di tim nasional. Ungkapan itu agaknya pas diberikan pada striker Borussia Dortmund, Paco Alcacer. Bagaimana tidak, Luis Enrique sama sekali tak meliriknya untuk masuk skuat Spanyol saat melawan Kroasia di lanjutan UEFA Nations League A, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB.

Padahal di tataran tim, Alcacer bisa dibilang sedang moncer-moncernya. Pemain 25 tahun ini sudah mencetak delapan gol bagi Die Borussen di Bundesliga meski jarang menjadi starter. Terbaru, dia ikut menyumbang satu gol saat Dortmund mengandaskan Bayern Munchen 3-2 dalam spieltag ke-11 Bundesliga akhir pekan lalu.

Gol tersebut mengantarnya sebagai pencetak gol terbanyak kedua di Bundesliga, hanya kalah satu gol dari Luka Jovic (Eintracht Frankfurt) yang mengoleksi sembilan gol. Menariknya, tujuh dari delapan golnya di kompetisi domestik terjadi saat dia masuk sebagai pengganti.

Alcacer sejauh ini memang belum pernah menjadi starter di tim asuhan Lucien Favre. Dilansir Transfermarkt, Selasa (13/11/2018), Alcacer kini menjadi pemain dengan rasio gol per menit terbaik di lima liga top Eropa. Penyerang yang dipinjam dari Barcelona itu sukses menyarangkan delapan gol dalam 235 menit bermain atau satu gol setiap 29 menit.

Statistik itu jauh meninggalkan bintang Paris Saint Germain, Kylian Mbappe, yang butuh 64 menit untuk mencetak sebiji gol (selengkapnya lihat grafis). Alcacer juga meruntuhkan rekor yang dipegang Charly Dorfel (Hamburg SV) pada 1963. Dorfel menjadi pendatang baru di Bundesliga yang paling efektif dalam urusan mencetak gol dengan rasio satu gol per 65 menit.

“Dortmund telah membantu saya kembali ke siapa saya sebelumnya. Tentu saja, saya tahu tidak mungkin bisa terus mempertahankan performa ini,” ujar Alcacer merendah seperti dilansir Marca.

Di saat sedang on fire, namanya justru terlempar dari skuat Spanyol untuk laga melawan Kroasia. Enrique lebih memilih pemain seperti Suso, Rodrigo, Iago Aspas, Alvaro Morata dan Dani Ceballos untuk mengisi lini serang La Furia Roja. Pilihan itu cukup mengejutkan mengingat Alcacer sebelumnya dipanggil saat melawan Wales dan Inggris Oktober lalu.

Di dua laga itu, Alcacer mampu mengemas tiga gol. Eks striker Valencia ini bahkan hanya butuh satu menit untuk menjebol gawang Inggris saat menjadi pengganti di laga UEFA Nations Cup tersebut. Sayang saat itu Spanyol tetap kalah 2-3.