Tipis! Begini Peluang Lolos Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2018

Timnas Indonesia (pssi.org)
18 November 2018 17:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Thailand di matchday ketiga fase penyisihan Grup B Piala AFF 2018. Hal itu membuat peluang lolos Indonesia ke babak semifinal sangat tipis.

Menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018) malam, Indonesia takluk dengan skor 2-4. Indonesia sempat unggul lebih dulu melalui Zulfiandi. Namun, Thailand mampu membalikkan kedudukan melalui Korakod Wiriyadomsiri, Pansa Hemvibbon, Adisak Kraisorn, dan Pokklawa Anan. Indonesia kemudian menipiskan skor melalui Fachrudin Aryanto.

Kekalahan ini membuat Indonesia terdampar di urutan keempat klasemen dengan koleksi tiga poin dari tiga laga yang sudah dijalani. Sementara Thailand berada di peringkat pertama dengan koleksi enam poin dari dua laga. Indonesia pun terancam tak lolos ke babak semifinal.

Hanya ada dua tim yang bakal lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018 dari masing-masing grup. Di Grup B sendiri, Thailand dan Filipina menjadi tim yang memiliki peluang paling besar karena sama-sama mengoleksi enam poin. Sementara itu, Singapura berada di posisi ketiga dengan koleksi tiga poin.

Indonesia wajib menang di partai terakhir melawan Filipina jika ingin lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018. Bahkan, Indonesia harus menang besar. Namun kemenangan saja tak cukup bagi Indonesia karena juga bergantung pada laga lainnya. Indonesia harus berharap Thailand, Filipina, dan Singapura kalah di dua laga sisa.

Indonesia bahkan sudah dipastikan tersingkir lebih cepat. Hal itu jika Filipina dan Thailand bermain imbang saat bertemu pada Rabu (21/11/2018). Hasil itu akan membuat Thailand dan Filipina sama-sama mengoleksi tujuh poin dan sudah tak mungkin dikejar Indonesia.