UEFA Nations League: Prediksi Jerman Vs Belanda

Belanda vs Jerman (Reuters/Piroschka)
19 November 2018 08:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, GELSENKIRCHEN Belanda mengalami momentum kebangkitan setelah terlunta-lunta karena dua kali gagal lolos ke turnamen mayor terbaru, Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Tim berjuluk De Oranje itu selangkah lagi memastikan diri lolos ke semifinal UEFA Nations League setelah membungkam Prancis 2-0 di Rotterdam, Sabtu (17/11/2018) dini hari WIB. Hasil itu membuat Belanda bisa menentukan nasib lewat tangan mereka sendiri untuk menembus fase knock-out dari Grup 1 Liga A.

Syaratnya, Belanda harus menjinakkan Jerman pada matchday pamungkas Grup 1 di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Selasa (20/11) pukul 02.45 WIB. Jerman sendiri sudah dipastikan terdegradasi ke Liga B dengan kemenangan Belanda kontra Prancis di Rotterdam.

De Oranje hanya terpaut sebiji poin dari Prancis yang memuncaki klasemen sementara Grup 1. Artinya, Frenkie de Jong cs. akan finis di puncak klasemen Grup 1 jika meraih kemenangan melawan Jerman di Veltins Arena. Sebaliknya, jika Belanda menelan kekalahan dari Jerman pada partai penutup, maka tiket lolos ke semifinal akan diperoleh Prancis secara gratis. Disebut gratis karena Prancis sudah tidak memiliki laga tersisa di Grup 1.

“Kami mengantongi enam poin [Prancis mengoleksi 7 poin dan tidak memiliki laga tersisa] dan kami berpeluang mendapat satu kemenangan lagi [total sembilan poin]. Tidak ada yang menyangka hal ini, begitu juga saya. Ini memberi kami kepercayaan diri sangat besar,” jelas Koeman, seperti dilansir football-oranje.com, Minggu (18/11).

Tapi apakah Jerman bernafsu menumbangkan Belanda? Sebab, pertarungan di Veltins Arena nanti tidak berarti apa-apa bagi Jerman yang sudah pasti terdegradasi ke Liga B. Hanya, tim polesan Joachim Low harus menang di hadapan pendukung mereka demi menyelamatkan harga diri. Fans Jerman kembali terluka karena sebelumnya Toni Kroos dkk. secara memalukan terlempar dari Piala Dunia 2018 sebagai juru kunci di fase grup.

“Tahun ini secara keseluruhan sangat mengecewakan kami, kami ingin memberi pertunjukkan bagus kepada fans pada pertandingan di Gelsenkirchen,” ujar Low yang semakin tertekan di kursi jabatannya, seperti dilansir belfasttelegraph.co.uk.

Jerman harus mematikan Frenkie de Jong jika ingin menjinakkan Belanda. Meski baru berusia 21 tahun, gelandang Ajax Amsterdam tersebut merupakan ruh permainan De Oranje saat ini. Saat melawan Prancis, De Jong menjadi orkestra permainan timnya, dengan membuat umpan-umpan terobosan ke lini pertahanan Prancis. Jerman juga tidak boleh melupakan eks penyerang Manchester United, Memphis Depay, yang kini menjadi mesin pencetak gol bagi De Oranje. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

Prediksi Line-Up Pemain
Jerman (3-4-3): Neuer; Sule, Hummels, Rudiger; Kehrer, Kimmich, Kroos, Hector; Gnabry, Reus, Sane
Pelatih: Joachim Low (Jerman)

Belanda (4-2-3-1): Cillessen; Dumfries, De Ligt, Van Dijk, Blind; Roon, De Jong; Bergwijn, Wijnaldum, Babel; Depay
Pelatih: Ronald Koeman (Belanda)