Ousmane Dembele: Dikritik Kemudian Jadi Penyelamat Barcelona

Atletico Madrid vs Barcelona (Reuters/Paul Hanna)
25 November 2018 22:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MADRIDOusmane Dembele menjadi penyelamat Barcelona kala menghadapi Atletico Madrid dalam lanjutan Liga Spanyol di Wanda Metropolitano, Minggu (25/11/2018) dini hari WIB. Gol telatnya di menit ke-90 mampu menyamakan kedudukan setelah Barca tertinggal lewat gol Diego Costa.

Meski baru masuk di menit ke-80 menggantikan Arthur, Dembele sukses menyamakan kedudukan di menit ke-90 lewat sepakan kaki kiri yang memperdaya Jan Oblak. Skor 1-1 pun bertahan hingga akhir pertandingan.

“Dembele punya sesuatu yang tidak dimiliki pemain lain. Kepercayaan diri, menembak dengan kedua kaki, kepribadian, dan talenta,” puji Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, seperti dilansir Marca, Senin.

Sebelum laga berlangsung, Dembele padahal menjadi sasaran kritik tajam lantaran sikap indisiplinernya. Winger Timnas Prancis ini beberapa kali kedapatan telat bahkan mangkir dalam sesi latihan. Pemain 21 tahun itu juga kecanduan game yang dikhawatirkan mengurangi konsentrasinya di lapangan. Namun mantan pemain Borussia Dortmund itu sukses membungkam kritik lewat penampilan ciamik di Madrid.

Dembele sejatinya sudah empat kali menyelamatkan poin Barcelona di Liga Spanyol. Empat golnya bahkan memastikan tujuh poin untuk Blaugrana. Dilansir Opta, tak ada pemain lain di Liga Spanyol musim ini yang gol-golnya menghasilkan poin sebanyak Dembele.

Di ajang Piala Super Spanyol, Dembele juga mencetak gol penentu kemenangan Barcelona atas Sevilla. Valverde mengakui anak asuhnya itu kerap kali membantu tim keluar dari situasi sulit. Saat menghadapi Atletico, Barca juga kesusahan menaklukkan taktik ultradefensif tuan rumah sebelum Dembele keluar sebagai pembeda.

“Kami tahu dia bisa sangat membantu kami. Gol itu akan berdampak positif baginya,” ujar gelandang Barcelona, Sergio Busquets.

Hasil seri sejatinya sama-sama merugikan bagi Barca maupun Atletico. Barcelona bisa kehilangan tampuk klasemen apabila Sevilla sukses menaklukkan Real Valladolid di laga Minggu malam. Di sisi lain, Atletico bisa melorot ke posisi empat andai Sevilla dan Espanyol meraih kemenangan di pekan ke-13.

Pelatih Atletico, Diego Simeone, membela diri soal taktik konservatif yang diperagakannya saat melawan Barca. “Ini laga yang berat, sangat ketat dan memprovokasi. Saya suka apa yang sudah dilakukan tim, kami sudah sangat dekat dengan kemenangan,” ujarnya dilansir Football Espana