Lyon Vs Manchester City: Ajang Pembalasan!

Manchester City (Reuters/David Klein)
27 November 2018 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, DECINES CHARPIEU - Lyon membuat kejutan dalam pertemuan pertama melawan Manchester City pada Grup F Liga Champions, September lalu. Tim Ligue 1 Prancis tersebut menundukkan City dengan skor 2-1. Padahal, bentrok tersebut digelar di markas City, Stadion Etihad.

Tapi ingat, saat itu City tidak didampingin pelatih mereka, Josep "Pep" Guardiola. Eks juru taktik Barcelona dan Bayern Munchen tersebut terkena sanksi mendampingi timnya setelah protes berlebihan kepada wasit saat perempat final melawan Liverpool musim lalu.

Pep berpotensi melampiaskan kekalahan timnya saat bertandang ke markas Lyon pada matchday kelima Grup F, di Groupama Stadium, Decines-Charpieu, Rabu (28/11/2018) pukul 03.00 WIB. City hanya perlu hasil imbang untuk memastikan tiket ke babak 16 besar. Sementara apabila menang di markas Lyon, Rahem Sterling dkk. bakal mengunci status juara Grup F.

Sebelum berkunjung ke markas Lyon, City mempertahankan takhta mereka di klasemen sementara Liga Premier. Persaingan sengit sedang terjadi di papan atas liga domestik di Negeri Ratu Elizabeth II. City hanya unggul dua poin atas Liverpool, lima poin atasTottenham Hotspur, atas tujuh poin dari Chelsea di zona Big Four.

Pep menganalogikan persaingan sengit di Liga Premier itu seperti rivalitas yang terjadi tunggal putra tenis dunia. "Ini seperti persaingan [Rafael] Nadal, [Roger] Federer, dan [Novak] Djokovic? Mereka saling menekan satu dengan lain untuk lebih baik dibandingkan yang lain karena mereka paham," jelas Guardiola, seperti dilansir Skysports.com, Senin (26/11/2018).

Oleh karena itu, City akan senang jika bisa meraih tiket babak 16 besar secepatnya di Liga Champions. Sehingga, mereka bisa berkonsentrasi di Liga Premier Inggris. Sayangnya, Pep terancam tidak bisa menurunkan line-up terbaiknya. Tiga pemain kunci The Citizens dilaporkan absen dalam latihan, Selasa (26/11/2018) waktu setempat. Mereka adalah Bernardo Silva, Gabriel Jesus, dan Ilkay Gundogan.

Setali tiga uang, Lyon juga terancam tidak bisa memainkan pemain bintang mereka, Nebil Fekir. Menurut laporan media Prancis, L’Equipe, Fekir tidak dalam kondisi bugar 100 persen menjelang duel melawan City. Lyon membutuhkan Fekir untuk mengunci tiket lolos ke fase knock-out.

Lyon bakal menyegel babak 16 besar jika menang melawan City. Hasil imbang sebenarnya cukup memastikan mereka lolos asalkan pada pertandingan lain di Grup F, Hoffenheim gagal mengalahkan Shakhtar Donetsk. Itu karena Lyon unggul head-to-head atas Hoffenheim.