Resmi! Persebi Boyolali Dilatih Mantan Pelatih Persis Solo Musim Depan

Ahmad Sukisno (Istimewa)
27 November 2018 20:25 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, BOYOLALIPersebi Boyolali resmi mengangkat Ahmad Sukisno sebagai pelatih kepala untuk kompetisi Liga 3 musim depan. Legenda Arseto dan Persis Solo itu diharapkan mampu membawa Laskar Pandan Arang menembus babak nasional Liga 3 tahun 2018. Bagi Ahmad Sukisno, ini menjadi comeback-nya di dunia kepelatihan setelah terakhir menakhodai Persis pada 2011.

Kesepakatan kontrak antara Ahmad Sukisno dan Persebi sendiri terjalin pekan lalu. Di tim barunya tersebut, Ahmad Sukisno akan didampingi pelatih Persebi musim lalu, Ahmad Arif, di posisi asisten. Manajer Persebi, Kukuh Hadiatmo, mengonfirmasi bergabungnya Ahmad Sukisno ke Laskar Pandan Arang.

Pihaknya optimistis pelatih yang juga jurnalis di Radio Republik Indonesia (RRI) itu bisa mengantarkan tim lolos ke babak nasional Liga 3. “Pak Kisno pelatih yang berpengalaman, dia juga pernah melatih Persebi [musim 2007/2008] sehingga sedikit banyak tahu atmosfer tim,” ujar Kukuh saat dihubungi Solopos.com, Selasa (27/11/2018).

Penunjukan Ahmad Sukisno sebagai pelatih jauh-jauh hari sebelum kompetisi bergulir bisa dibilang menjadi gebrakan Persebi. Laskar Pandan Arang tampaknya belajar dari kegagalan lolos ke babak delapan besar Liga 3 zona Jawa Tengah musim lalu. Saat itu tim hanya dipersiapkan tiga pekan sehingga hasilnya tidak maksimal. “Kali ini persiapan lebih matang. Target kami setidaknya bisa lolos ke babak nasional Liga 3,” ucap Kukuh.

Pihaknya menyebut penunjukan pelatih akan segera ditindaklanjuti seleksi pemain pada awal Desember 2018. Pihaknya akan mengumpulkan pemain potensial dari kompetisi antarkecamatan di Boyolali beberapa waktu lalu untuk ikut seleksi. “Kami juga terbuka apabila pelatih butuh pemain tambahan di luar itu. Kami berkomitmen mendukung pekerjaan tim pelatih sepenuhnya,” kata dia.

Sementara itu, Ahmad Sukisno tampak antusias dengan comeback-nya di dunia kepelatihan. Lelaki yang kini berdomisili di Boyolali itu mengaku siap mengemban amanah manajemen untuk membawa Persebi lolos dari Liga 3 zona Jateng. Disinggung alasannya menerima pinangan Persebi setelah tujuh tahun vakum dari dunia kepelatihan, Ahmad Sukisno menjawab diplomatis.

“Sekarang KTP saya kan Boyolali, kerja [sebagai jurnalis] juga di Boyolali. Saya harus membawa Boyolali lebih berprestasi,” ujarnya.

Ahmad Sukisno pernah ditawari melatih tim dari Bengkulu, Sorong hingga Banjarnegara beberapa tahun lalu. Namun tawaran itu ditampiknya karena terikat pekerjaan di RRI. Dia pun menegaskan tak akan meninggalkan pekerjaan jurnalisnya meski sudah menjadi Pelatih Persebi. “Dulu[saat melatih Persis] kan juga seperti itu, tidak ada masalah,” ujarnya sambil tertawa.