Liga Champions: Prediksi PSG Vs Liverpool

Liverpool vs PSG (Reuters/Carl Recine)
28 November 2018 08:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, PARIS — Harus diakui, serangan Liverpool musim ini belum terlalu istimewa. Di Liga Premier Inggris, tim berjuluk The Reds (Si Merah) tersebut “baru” mencetak 26 gol dalam 13 pertandingan.

Jumlah tersebut masih kalah jauh dibandingkan produktivitas tim pemuncak klasemen Manchester City yang mencapai 40 gol. Bahkan, total gol Liverpool masih kalah dibandingkan tim peringkat keempat Chelsea dan tim peringkat kelima Arsenal yang masing-masing mendulang 28 gol.

Tapi perlu digarisbawahi, Liverpool memiliki keistimewaan di barisan belakang. Benteng Merah menjadi senjata baru mereka. Ramuan pertahanan Liverpool terlihat solid, dengan duet Virgil van Dijk dan Joe Gomez di pos bek sentral, Andrew Roberton dan Trent Alexander-Arnold masing-masing di bek sayap kiri dan kanan, plus kiper Alisson Becker. Bersama Manchester City, Liverpool menjadi tim yang paling minim kebobolan dalam 13 laga pembuka Liga Inggris musim ini dengan 5 gol.

Barisan belakang Liverpool pun sangat percaya diri mampu membendung amukan serangan Paris Saint Germain (PSG) pada matchday kelima Grup C Liga Champions, di Parc des Princes, Paris, Kamis (29/11/2018) pukul 03.00 WIB. Kiper Alisson Becker juga siap meladeni kompatriotnya yang juga bintang utama PSG, Neymar.

Pada perjumpaan pertama Grup C di Anfield, Neymar pemimpin serangan PSG dan memberi assist atas gol kedua PSG yang dilesakkan Kylian Mbappe. Total, Neymar dan Mbappe memproduksi 32 gol untuk PSG di semua kompetisi musim ini. Itu belum termasuk gol partner mereka di depan, Edinson Cavani, yang moncer dengan 13 gol.

“Ini akan menjadi laga yang sangat bagus. Mereka [PSG] punya Neymar untuk melawan bek-bek kami, namun kami juga punya pertahanan hebat, jadi ini akan jadi pertandingan apik untuk disaksikan siapa saja, dan saya berharap juga bermain bagus dalam laga ini,” jelas Alisson, seperti dilansir Standard.co.uk, Selasa (27/11/2018).

Van Dijk tidak memberi andil besar atas transformasi pertahanan Liverpool yang pernah kocar-kacir beberapa waktu lalu. Pemain yang memecahkan rekor transfer bek termahal di dunia pada Januari lalu itu membantu Liverpool mengemas delapan clean sheet di musim ini. “Saya tidak takut. Kami respek degan mereka, namun kami ingin menang,” jelas Van Dijk.

Neymar dan Mbappe sebenarnya diragukan bisa turun dalam kondisi fit 100 persen pada bentrok nanti. Dua pemain termahal di dunia itu mengalami cedera saat membela negara masing-masing pada jeda internasional lalu. “Kondisi mereka semakin bagus tiap hati, kami masih punya waktu. Itu bagus buat kami. Saya pikir mereka bisa main,” jelas Pelatih PSG, Thomas Tuchel, dengan nada optimistis, seperti dilansir Espn.com.

Sementara di lini belakang, Tuchel mendapatkan tambahan tenaga dengan pulihnya Dani Alves. Bek Brasil tersebut melakoni comeback setelah absen enam bulan karena cedera lutut saat PSG menang tipis 1-0 atas Toulouse di Ligue 1. Alves cs. perlu merapatkan barisan untuk menahan serangan Liverpool yang dikomandoi trisula Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane. Namun nama terakhir itu diragukan bisa turun karena sakit.