Tak Dimainkan Madrid, Ada Apa dengan Isco?

Isco merayakan gol (Reuters/Vincent West)
29 November 2018 14:55 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, ROMA — Para pemain Real Madrid pasti merasa plong karena berhasil menyegel tiket ke babak 16 besar Liga Champions setelah menekuk AS Roma 2-0 di Olimpico, Roma, Rabu (28/11/2018). Bahkan performa Madrid tergolong membanggakan lantaran mereka dipastikan mengunci juara Grup G.

Madrid membuktikan bisa bangkit setelah kekalahan supermamalukan 0-3 di markas Eibar, akhir pekan lalu. Hasil ini sekaligus membuat keraguan terhadap pelatih baru mereka, Santiago Solari, menjadi pudar.

Tapi ada satu pemain Madrid yang masih merasa mengganjal dalam hatinya. Dia tidak lain, Isco. Kabar mengejutkan terdengar ketika Solari mengumumkan starting XI timnya melawan Roma di Hotel Waldorf Cavalieri, lokasi Sergio Ramos cs. menginap sebelum pertandingan di Olimpico. Isco bukan hanya tidak dimasukkan ke line-up. Ia bahkan tidak masuk dalam daftar skuat Los Blancos, julukan Madrid.

Tak ayal, eks gelandang Malaga ini menyaksikan rekan-rekannya bertanding dari bangku penonton. Ia dan Luca Zidane menjadi segelintir pemain Madrid yang menonton dari bangku penonton. Solari memilih memasukkan Fede Valverde dan Vinicius Jr ke bangku cadangan. Keputusan ini sepertinya lebih dari sekadar peringatan bagi Isco.

Solari jarang memainkan Isco sejak dirinya menggantikan posisi Julen Lopetegui yang dipecat Madrid sebelum jeda internasional beberapa waktu lalu. Padahal sejak bergabung dengan Madrid pada 2013, Isco tergolong pemain yang jarang membuat ulah dan menjadi favorit para pelatih, mulai dari Carlo Ancelotti, Rafael Benitez, Zinedine Zidane, hingga Lopetegui. Menurut Marca, Isco kemungkinan “dikucilkan” Solari sejak sesi latihan beberapa waktu lalu.

Solari dikabarkan meminta timnya berlatih penguasaan bola. Namun, Isco merasa dirinya dan rekan-rekannya sudah cukup melakukan itu dan menilai fokus latihan Madrid tidak diperhitungkan dengan baik. Sejak itu, Isco hanya mendekam di bangku cadangan dan bahkan terbuang dari skuat Madrid saat melawan Roma.

“Saya tidak mengatakan dia [Isco] tidak berlatih, namun ketika Anda tahu Anda membuat kesalahan maka Anda harus memperbaikinya,” ujar wakil kapten Madrid, Marcelo, seperti dikutip football-espana.net.

Kondisi Isco yang “dikucilkan” Solari di Madrid sepertinya akan dimanfaatkan Manchester City. Pelatih City, Josep Guardiola, diketahui merupakan fans Isco dan bisa saja bakal memboyongnya ke Etihad.