Leg Kedua Final Copa Libertadores Dipindah ke Kandang Real Madrid

Suporter River Plate sebelum masuk ke stadion menyaksikan pertandingan final Copa Libertadores antara River Plate dan Boca Junior, Sabtu (24/11 - 2018). (Reuters - Marcos Brindicci)
30 November 2018 14:25 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, MADRID — Pertandingan leg kedua babak final kompetisi sepak bola antarklub Amerika Selatan, Copa Libertadores, antara River Plate dan Boca Juniors resmi dipindah ke kandang Real Madrid, Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 9 Desember 2018 mendatang. Padahal, laga tersebut seharusnya digelar di kandag River Plate, Stadion Monumental Antonio Vespucio Liberti, Buenos Aires, Argentina.

Hal itu merupakan buntut dari kerusuhan yang menyebabkan pemain Boca Juniors terluka. Presiden Conmebol, federasi sepak bola Amerika Selatan, Alejandro Dominguez, telah memutuskan untuk memindah laga tersebut ke kandang Real Madrid.

"Keputusannya adalah bahwa pertandingan ini [leg kedua final Copa Libertadores] akan dimainkan di depan penggemar dari kedua klub di Madrid, di Stadion Santiago Bernabeu," ujarnya seperti dikutip Reuters, Jumat (30/11/2018).

Menurutnya, Madrid merupakan kota yang aman untuk menggelar laga besar seperti River Plate melawan Boca Juniors. "[Madrid] bukan hanya salah satu kota teraman di dunia, Santiago Bernabeu adalah stadion elit yang menawarkan standar keamanan dan kenyamanan tertinggi untuk pertemuan sebesar ini," lanjutnya.

Kerusuhan

Pertandingan final Copa Libertadores antara River Plate dan Boca Juniors digelar dalam dua leg yang seharusnya diselenggarakan di kandang kedua tim. Di leg pertama yang digelar di kandang Boca Juniors 11 November 2018 lalu, kedua tim bermain imbang dengan skor 2-2.

Saat leg kedua digelar di kandang River Plate, Sabtu (24/11/2018), kerusuhan justru meletus. Bus yang membawa rombongan Boca Juniors dilempari benda keras oleh orang-orang dengan atribut River Plate. Akibatnya, beberapa pemain Boca Juniors terluka dan laga harus ditunda hingga akhirnya dipindah ke kandang Real Madrid.