Lokasi Anyar Final Copa Libertadores Tuai Protes

Suporter River Plate (Reuters/Marcos Brindicci)
30 November 2018 20:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BUENOS AIRES — Federasi Sepak Bola Amerika Latin (CONMEBOL) langsung menuai protes setelah mengumumkan Santiago Bernabeu sebagai lokasi leg kedua Final Copa Libertadores. Penolakan tetap terjadi meski perwakilan Boca Juniors maupun River Plate dikabarkan sudah duduk satu dengan CONMEBOL untuk menunjuk stadion milik Real Madrid itu sebagai venue dadakan laga final.

Setelah sempat tertunda, leg kedua ajang paling bergengsi di Amerika Latin itu akhirnya diputuskan digelar di Santiago Bernabeu pada 9 Desember 2018. Laga bertajuk Superclasico itu sejatinya dihelat 25 November 2018 lalu. Namun partai urung terlaksana karena aksi brutal suporter River Plate yang menyerang bus Boca dan membuat pemain lawan terluka.

Namun, keputusan CONMEBOL itu rupanya belum bikin puas masing-masing kubu yang kemudian mengajukan keberatan. Lalu, apa alasannya? Kubu Boca sendiri telah mengirimkan surat pada CONMEBOL agar mau mengabulkan permintaan mereka untuk mendiskualifikasi River dari final dan menyerahkan titel Copa Libertadores. Sebab, aksi suporter River sudah kelewatan dan melanggar kode disiplin CONMEBOL.

“Menyusul keputusan komite disiplin CONMEBOL, Boca Juniors memberitahukan bahwa mereka tidak diajak berdiskusi lebih dulu dan itu bertentangan dengan aturan dan hukum yang ada, di mana permintaan itu diberikan sebelum adanya banding ke CONMEBOL dan bahkan sebelum naik ke Pengadilan Arbitrase Olahraga,” demikian pernyataan resmi klub dilansir Bocajuniors.com.

“Klub bersikeras, dengan segala yang bukti yang ada terkait penyerangan brutal kepada bus tim pada 24 November 2018, yang terjadi di depan gerbang stadion El Monumental, tidak ada sanksi yang dijatuhkan seperti permintaan kami,” lanjut pernyataan tersebut.

Sementara itu kubu River Plate meminta CONMEBOL merevisi ulang keputusan pemindahan venue ke Madrid dari Buenos Aires. Hal itu dianggap akan memberatkan River dari sisi ekonomi karena harus mengeluarkan biaya besar untuk perjalanan. Belum ada keputusan lebih lanjut dari CONMEBOL terkait banding Boca dan River tersebut. Leg pertama di kandang Boca, La Bombonera, berakhir imbang 2-2.