Liverpool Vs Everton: Klopp Ingin Tuntaskan Penasaran

Jurgen Klopp (Reuters/Carl Recine)
02 Desember 2018 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOLLiverpool memiliki rekor fantastis melawan Everton pada Derby Merseyside di semua kompetisi. Tim berjuluk The Reds itu bahkan mencetak streak tak terkalahkan dalam 17 pertemuan terbaru melawan tetangga mereka.

Hanya, Liverpool kali ini harus lebih ekstra hati-hati. Everton kali ini dibesut Marco Silva, satu-satunya pelatih yang belum pernah dikalahkan tactician Liverpool, Jurgen Klopp, di Liga Premier! Ya, sejak Klopp hanya meraih sekali imbang dan sekali kekalahan dalam dua pertemuan melawan tim besutan Silva.

Dalam pertemuan pertama, Liverpool polesan Klopp dibuat babak belur 0-2 di kandang Hull City besutan Silva pada Februari 2017. Sedangkan dalam pertemuan kedua, Klopp lagi-lagi gagal mengalahkan tim polesan Silva, Watford, dengan skor 3-3 di Vicarage Road, pada Agustus 2017.

Klopp bertekad menuntaskan rasa penasarannya mengalahkan Silva yang kini membesut The Toffees, julukan Everton. Jika menengok dua duel sebelumnya, pelatih asal Jerman itu masih bisa optimistis mampu menundukkan koleganya asal Portugal. Sebab dalam dua pertemuan itu, Liverpool bermain pada laga away.

The Reds, julukan Liverpool, sontak berharap keangkeran Anfield bisa mengantar Klopp menundukkan  tim yang dinakhodai Silva. Di Liga Premier musim ini, Mohamed Salah cs. menggenggam rekor unbeaten dalam enam laga di Anfield. Liverpool menang lima kali dan sekali imbang, plus menggila dengan 14 gol dan selalu mengemas clean sheet.

Klopp sendiri menilai The Toffees besutan Silva musim ini merupakan tim terkuat milik Merseyside Biru yang pernah dilihatnya. Kendati berdiri di peringkat keenam klasemen sementara, Everton hanya terpaut enam poin dari tim penguni zona Liga Champions. Pengaruh Silva dan kedatangan pemain-pemain baru di bursa transfer dinilai berdampak signifikan atas kemajuan The Toffees musim ini.

“Dia [Silva] punya skuat terbaik, begitu menurutku. Dia membeli pemain-pemain yang dia inginkan. [Theo] Walcott datang musim lalu, Bernard tiba musim ini, [Andre] Gomes tiba musim ini, [Yerry] Mina tiba musim ini. Sejak saya di sini [Liverpool], Everton selalu sibuk di bursa transfer, kali ini lebih bagus, 100 persen-nya," ujar Klopp, seperti dilansir Skysports.com, Sabtu (1/12/2018).

"Sekarang mereka punya beberapa pemain kreatif, cepat, dan bagus dalam organisasi permainan. [Seamus] Coleman di belakang dan fit, [Michel] Keane juga kuat dan fit, dia pemain brilian, dan ada [Lucas] Digne yang seperti Leighton Baines ketika masih muda,” 

Kubu Everton juga bertekad memuntaskan penasaran. The Toffees tak pernah menang pada Derby Merseyside sejak 2010 alias delapan tahun silam. “Saya setuju tentang power of this derby [kekuatan pada derby ini]. Derby selalu spesial, laga spesial dan momen untuk kota dan orang-orangnya. Hasil bagus akan memberi kepercayaan diri kami ke level tinggi,” jelas Silva, seperti dikutip theguardian.com.