David Villa Susul Iniesta ke Jepang

David Villa (kiri) saat membela New York city. (Reuters/Dennis Schneidler)
02 Desember 2018 16:55 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, NEW YORKDavid Villa resmi berpisah dari klub Major League Soccer (MLS), New York City, untuk bergabung dengan Vissel Kobe. Di klub J-League tersebut, Villa akan bereuni dengan mantan rekan setimnya di Barcelona dan Timnas Spanyol, Andres Iniesta. Villa mengumumkan kepindahannya itu lewat akun Twitter-nya, Sabtu (1/12/2018).

Dia mengunggah video berdurasi satu menit 56 detik yang berisi rangkuman perjalanan singkat kariernya di MLS bersama New York City FC. Lalu, di tengah video, striker 36 tahun itu mengangkat telepon dan video langsung berubah dengan Jepang sebagai latar belakangnya. 

Di dalam video juga terselip video penyambutan Andres Iniesta saat baru datang ke Jepang. Mendekati akhir video, Villa mengucapkan “Negara baru, budaya Baru, tim baru. Halo Jepang, Halo Vissel Kobe”.

Villa tak menampik telah membuat keputusan sulit saat hijrah ke Negeri Matahari Terbit. Meski demikia, dia amat menantikan tantangan baru di kompetisi tertinggi Jepang. Di Vissel Kobe, dia akan bahu membahu bersama Iniesta serta eks striker Timnas Jerman, Lukas Podolski. 

“Sepanjang karier, saya selalu mendengarkan badan saya, orang-orang di sekitar saya, dan terutama insting saya. Dalam momen-momen keraguan itu, saya mengharapkan tanda, detil atau sesuatu yang memberi saya kejelasan. Tantangan baru menunggu, Asia,” ujarnya seperti dilansir ESPN, Minggu.

Di ajang MLS, Villa tampil moncer dengan mencetak 80 gol dalam 26 pertandingan. Performa itu membuatnya kembali dipanggil memperkuat timnas pada 2017, setelah tiga tahun absen membela La Roja. Vissel Kobe sendiri menjadi klub kedelapan selama kariernya setelah Sporting Gijon, Zaragoza, Valencia, Barcelona, Atletico Madrid, Melbourne City, dan New York City FC. 

Karier Villa naik daun saat memperkuat Valencia medio 2005 hingga 2010 dengan 129 gol dari 225 penampilan. Saat bermain di Barca, Villa memenangkan gelar Liga Primera dua kali, plus Liga Champions, Copa del Rey, Piala Super UEFA dan juga Piala Dunia Antarklub.