Pertahanan Real Madrid Mulai Meyakinkan 

Real Madrid (Reuters/Sergio Perez)
03 Desember 2018 08:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MADRID — Real Madrid meraih kemenangan vital atas Valencia dengan skor 2-0 di Santiago Bernabeu, Minggu (2/12/2018) dini hari WIB. Hasil itu membawa mereka kembali ke persaingan papan atas Liga Spanyol setelah pekan lalu dihajar Eibar tiga gol tanpa balas. Namun kemenangan atas Valencia kemarin menunjukkan dua sisi yang berbeda dari Real Madrid.

Di babak pertama, anak asuh Santiago Solari mampu memberikan tekanan konstan serta tak lupa dengan kedisiplinan pertahanan. Sayang hal itu hampir tak terlihat di babak kedua saat tim tamu justru mampu mendikte permainan. Beruntun lini belakang tim yang dipimpin Sergio Ramos masih sigap sehingga banyak serangan Los Che yang terhenti sebelum masuk kotak penalti. Thibaut Courtois juga layak mendapat kredit atas penampilan moncernya.

Striker Valencia, Michy Batshuayi, hampir saja mencetak gol penyama kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-78 andai Courtois tak melakukan penyelamatan dengan kepala saat kondisi satu lawan satu. Eks kiper Chelsea itu juga berhasil menggagalkan peluang hampir serupa yang didapat Santi Mina di babak kedua meski sang striker akhirnya dianggap offside. Courtois juga beberapa kali berjibaku di babak pertama untuk mempertahankan gawangnya dari kebobolan.

Madrid justru mampu menyegel kemenangan 2-0 via Lucaz Vazquez tujuh menit sebelum bubaran. Gol itu bermula dari umpan Karim Benzema yang tak egois ketika melihat Vazquez berada di posisi bebas. Itu menjadi gol kedua Vazquez dalam dua laga terakhir Madrid. Di laga itu Madrid sudah unggul 1-0 sejak menit kedelapan lewat gol bunuh diri Daniel Wass. 

Dua laga beruntun tanpa kebobolan tak dapat dipungkiri menjadi salah satu kabar baik bagi Los Blancos. Sebelum melawan Valencia, Courtois juga mengemas clean sheet saat Madrid menggasak Roma dengan skor 2-0 di Liga Champions. Pertahanan Madrid memang sempat disorot habis-habisan setelah kebobolan lima gol saat melawan Celta Vigo (menang 4-2) dan Eibar (kalah 0-3) di dua laga sebelumnya. 

Solari menilai lini serang dan pertahanan bermain sama baiknya saat melawan Valencia. “Benzema bermain dengan sangat murah hati hari ini. LLorente, Lucas [Vazquez], Courtois, para bek kami juga demikian. Ini adalah permainan yang sangat bagus dari seluruh pemain,” puji Solari seperti dilansir Marca, Minggu.

Kemenangan itu membawa Madrid naik ke posisi lima klasemen sementara dengan 23 poin dari 14 pertandingan. Toni Kross dkk. tinggal berselisih tiga poin dengan Sevilla yang berada di puncak klasemen. Namun jarak ini bisa kembali melebar apabila Sevilla sukses mengalahkan Alaves dalam laga yang digelar Senin (3/12/2018) dini hari WIB.