Hasil Drawing Kualifikasi Euro 2020: Belanda-Jerman Satu Grup!

Timnas Jerman (Reuters/Michael Dalder)
03 Desember 2018 09:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, DUBLIN — Rivalitas Belanda dan Jerman pada fase grup UEFA Nations League beberapa waktu lalu akan diteruskan ke Kualifikasi Euro 2020. Itu karena Belanda dan Jerman tergabung dalam grup yang sama pada kualifikasi yang bakal dimulai, Maret 2019.

Jerman yang berada pada pot 2, menjadi tim yang paling dihindari saat proses undian Kualifikasi Euro 2020 di Dublin, Minggu (2/12/2018) malam WIB. Nasib pun mengantarkan Jerman untuk bereuni dengan Belanda pada Kualifikasi Euro 2020.

Jerman dan Belanda tergabung di Grup C bersama Irlandia Utara, Estonia, dan Belarusia. Dua tim yang finis terbaik di masing-masing grup bakal lolos otomatis ke putaran final Euro 2020 yang bakal digelar di 12 kota pada 2020 mendatang. Bahkan, tuan rumah Euro 2020, tidak mendapat tiket gratis dan harus berjuang finis dua besar grup agar lolos otomatis ke turnamen terbesar di Eropa ini.

Pada putaran grup UEFA Nations League lalu, Jerman dan Belanda juga tergabung di grup yang sama, bersama Prancis. Dalam dua pertemuan, Der Panzer, julukan Jerman, selalu gagal menaklukkan Belanda. Pasukan Joachim Low dibuat babak belur 0-3 di Amsterdam dan hanya bermain 2-2 di kandang. Jerman finis sebagai juru kunci pada babak grup yang akhirnya memaksa mereka terdegrasi ke Liga B dan gagal menjadi unggulan (pot 1) saat drawing Kualifikasi Euro 2020.

Jerman memang tidak dalam periode terbaik sejak tersingkir dari fase grup Piala Dunia 2018. Sebaliknya, Belanda bertransformasi menjadi tim kuat di UEFA Nations League seusai gagal lolos ke dua turnamen mayor terakhir (Piala Dunia 2018 dan Euro 2016). Meski begitu, Pelatih Belanda, Ronald Koeman, tetap menganggap Jerman sebagai pesaing berat Frenkie de Jong dkk.

“Saya tidak senang karena mereka tim kuat, mereka tim terkuat di pot 2, namun saya pikir Jerman juga tidak senang bertemu Belanda. Lawan lain mungkin bisa diterima, tapi Jerman akan jadi perjuangan berat. Kami tahu sulit menaklukkan mereka,” jelas Koeman, seperti dikutip Reuters, Minggu.

Sementara itu, juara bertahan Euro, Portugal, berada di grup tricky. Tim yang menaklukkan Prancis pada final Euro 2016 itu tergabung di Grup B bersama Ukraina, Serbia, Lithuania, dan Luksemburg. Portugal bakal bersaing sengit dengan Ukraina dan Serbia untuk memperebutkan dua tiket otomatis dari Grup B. 

Hasil Undian Kualifikasi Euro 2020

GRUP A: Inggris, Rep. Cheska, Bulgaria, Montenegro, Kosovo
GRUP B: Portugal, Ukraina, Serbia, Lithuania, Luksemburg
GRUP C: Belanda, Jerman, Irlandia Utara, Estonia, Belarusia
GRUP D: Swiss, Denmark, Rep. Irlandia, Georgia, Gibraltar
GRUP E: Kroasia, Wales, Slovakia, Hungaria, Azerbaijan
GRUP F: Spanyol, Swedia, Norwegia, Rumania, Kep. Faroe, Malta
GRUP G: Polandia, Austria, Israel, Slovenia, Macedonia, Latvia
GRUP H: Prancis, Islandia, Turki, Albania, Moldova, Andorra
GRUP I: Belgia, Rusia, Skotlandia, Siprus, Kazakhstan, San Marino
GRUP J: Italia, Bosnia Herzegovina, Finlandia, Yunani, Armenia, Liechtenstein