Kompetisi Di Bawah Liga Champions dan Liga Europa Segera Digulirkan

Presiden UEFA Aleksander Ceferin (Reuters/Francois Walschaerts)
04 Desember 2018 16:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, DUBLIN — Tak lama lagi UEFA bakal memiliki kompetisi antarklub Eropa selain Liga Champions dan Liga Europa. Ajang tersebut dikonsep sebagai kompetisi kasta ketiga di Eropa atau diperuntukkan bagi klub yang tak masuk Liga Champions dan Liga Europa. Kompetisi ini rencananya bakal bergulir mulai 2021.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Komisi Eksekutif UEFA yang digelar di Dublin, Minggu (2/12/2018) waktu setempat. Dalam rapat itu, UEFA resmi menyetujui pembentukan kompetisi kasta ketiga di Eropa untuk siklus kompetisi 2021-2024.

UEFA berencana mereduksi kontestan Liga Europa yang semula diikuti 48 klub menjadi 32 klub saja. Belakangan gengsi kompetisi kasta kedua Eropa itu dianggap menurun karena terlalu banyak tim yang tampil di ajang tersebut.

“Kompetisi inklusif berarti lebih banyak pertandingan untuk lebih banyak klub peserta dan asosiasi,” ujar Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, seperti dilansir UEFA.com.

Kompetisi baru tersebut akan bertajuk Liga Europa 2 dan akan melibatkan 32 kontestan di babak penyisihan grup. Sebanyak delapan grup akan dihuni masing-masing empat tim menuju fase gugur. Liga Europa 2 akan menghadirkan 141 pertandingan dan menghabiskan waktu 15 pekan.

Tim juara kompetisi baru ini nantinya berhak lolos ke Liga Europa pada musim berikutnya. Selain membuka kesempatan kepada klub-klub lain, UEFA berencana meningkatkan profit sekaligus menciptakan terobosan sebagai wadah menampung lebih banyak klub-klub Eropa melalui beragam kompetisi.

UEFA sejatinya sempat memiliki kompetisi kasta ketiga bernama Piala Intertoto. Namun ajang yang dihelat sejak 1995 dihapus pada 2009. Setelah itu, tim-tim yang sebelumnya masuk zona Piala Intertoto langsung diikutkan di babak penyisihan Piala UEFA (sekarang Liga Europa).