Malcom Tumbang, Badai Cedera Barcelona Berlanjut

Malcom (Reuters)
07 Desember 2018 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONABarcelona memastikan diri lolos ke babak 16 besar Copa del Rey seusai menggebuk Cultural Leonesa dengan skor 4-1 (agregat 5-1) di Camp Nou, Kamis (6/12/2018) dini hari WIB. Sayang kemenangan tersebut harus dibayar dengan cederanya gelandang muda Barca, Malcom. Hal tersebut cukup ironis mengingat di laga itu Malcom bermain apik dengan menyumbang sebiji gol.

Eks pemain Bordeaux itu ditarik di menit ke-86 setelah terjatuh hingga membuat engkel kaki kanannya terkilir. Sambil berurai air mata, Malcom meninggalkan lapangan diiringi tepuk tangan 76.000 penonton yang memadati Camp Nou. Saat itu tim medis sempat memberikan perawatan, tapi Malcom divonis tak bisa melanjutkan pertandingan.

Barca pun harus bermain dengan 10 orang di akhir laga karena sudah melakukan tiga kali pergantian pemain. Beruntung tuan rumah sudah unggul 4-1 lewat gol Munir El Haddadi, Denis Suarez (2 gol) dan Malcom.

Cederanya Malcom jelas bikin pusing Ernesto Valverde karena sang pelatih sudah kehilangan enam pemain sebelumnya. Mereka adalah Arthur Melo, Rafinha, Sergi Roberto, Samuel Umtiti, Luis Suarez, hingga Seri Samper. Rafinha bahkan sudah mengakhiri musim lebih cepat karena cedera lutut. Dalam konferensi pers seusai laga, Valverde mengaku belum mengetahui seberapa parah cedera Malcom.

“Engkelnya keseleo. Kami harus menunggu untuk memastikan berapa lama dia akan istirahat. Namun saya rasa itu cedera yang sama seperti yang dia dapat musim panas lalu. Itu yang saya khawatirkan,” ujar Valverde seperti dilansir Marca, Kamis.

Gelandang 21 tahun ini memang rentan cedera. Beberapa waktu lalu Malcom sempat menepi 22 hari lantaran mengalami masalah di engkelnya. Dia juga harus absen sepekan pada September setelah mengalami cedera ligamen.

Di sisi lain, Barcelona mendapat kabar baik menyusul debut gelandang muda, Riqui Puig, saat melawan Leonesa. Performa pemain 19 tahun ini mengundang pujian meski hanya bermain 25 menit menggantikan Oriol Busquets. Puig mampu tampil nyaman di lini tengah dan berusaha menciptakan ritme permainan Barca.

Jebolan La Masia itu bahkan mampu memberi assist untuk gol kedua Suarez di menit ke-79. Saat itu Valverde memang banyak menurunkan pemain mudanya seperti Chumi Brandariz, Juan Miranda, Oriol Busquets hingga Carles Alena. “Ini adalah debut yang saya impikan,” ucap Puig yang sudah menjadi sorotan sejak masa pramusim Barcelona.