Misi Balas Dendam Barcelona Tuntas

Pertandingan pekan ke-16 La Liga Spanyol musim 2018-2019 antara Barcelona dan Levante di Ciutat de Valencia, Valencia, Spanyol, Senin (17/12 - 2018) dini hari WIB. (Reuters/Heino Kalis)
17 Desember 2018 22:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, VALENCIA — Pendukung Barcelona mungkin masih ingat memori buruk yang mereka dapat di Ciudad de Valencia, markas Levante musim lalu. Saat itu Blaugrana dipaksa pulang dengan tangan hampa setelah dihajar dengan skor 4-5. Anak asuh Ernesto Valverde bahkan sempat ketinggalan 1-5 di satu jam awal pertandingan.

Kekalahan yang terjadi di pekan ke-37 itu menjadi satu-satunya noda bagi Barcelona yang berhasil menjuarai gelar Liga Spanyol musim lalu. Tak mau jatuh ke lubang yang sama, Barca tampil menggila di markas Levante, Senin (17/12/2018) dini hari WIB. Tak tanggung-tanggung, Barca melakukan aksi pembalasan dengan menggelontor lima gol ke gawang Levante yang dijaga Oier.

Kemenangan ini membuat Barca berada di puncak klasemen dengan perolehan 34 poin. Blaugrana kembali unggul tiga poin dari Sevilla yang beberapa saat sebelumnya menang 2-0 atas Girona. “Kami senang karena musim lalu bermain di sini dan kebobolan lima kali setelah sepanjang musim tanpa kekalahan,” ujar Valverde seperti dilansir Marca, Senin.

Lionel Messi kembali tampil spesial dengan mencetak hattrick. Tak hanya itu, dia juga memberi assist pada terciptanya dua gol lain yang dicetak Luis Suarez dan Gerard Pique. Peman berjuluk La Pulga itu bahkan diganjar nilai 10 dari situs statistik Whoscored menyusul penampilannya yang tanpa cela. Tampil penuh selama 90 menit, Messi melepaskan tujuh tembakan yang empat di antaranya tepat sasaran. Umpan sukses Messi mencapai 72%.

Beberapa rekor spesial pun dibuat Messi pada laga tersebut. Salah satunya, dia menjadi pemain pertama yang menembus 50 gol di tahun 2018 ini untuk semua kompetisi. Bukan itu saja. Messi kini menjadi topscorer La Liga dengan 14 gol. Dengan jumlah gol yang sama dia juga memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di lima kompetisi teratas Eropa.

Hasil melawan Levante turut membawa La Pulga menjadi pemain dengan catatan kemenangan terbanyak Barca di Liga Primera dengan 323 kemenangan. Dia berhasil melewati rekor sebelumnya yang dipegang Xavi Hernandez (322). “Messi tidak menyerah, dia bermain seperti itu karena dia mencoba selalu lebih baik dari pertandingan sebelumnya,” puji Direktur Barcelona dan legenda Timnas Spanyol, Guillermo Amor.