MUHAMMADIYAH KUDUS : Kader Muda Minta Masuk Kepengurusan Muhammadiyah

19 Desember 2015 15:50 WIB Redaksi Solopos Semarang Share :

Muhammadiyah Kudus para kader mudanya ingin masuk dalam kepengurusan.

Kanalsemarang.com, KUDUS-Kader muda Muhammadiyah menuntut dimasukkan sebagai anggota pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah periode 2015-2020 pada Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-47 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kudus pada 18-20 Desember 2015.

"Kami memang berharap format anggota pimpinan wilayah Muhammadiyah Jateng nantinya merupakan gabungan dari generasi sepuh dan muda yang lebih energik," kata salah satu peserta Musywil asal Purworejo Dandung Danadi di Kudus, Jumat (18/12/2015).

Jika kalangan muda dimasukkan ke dalam unsur pimpinan wilayah Muhammadiyah Jateng, katanya, memberikan pemikiran baru dalam organisasi.

Dandung yang juga ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Purworejo menambahkan, keberadaan pimpinan yang berasal dari generasi sepuh dan kalangan muda akan menjadi perpaduan antara pengalaman dan semangat dalam menghadapi tantangan umat yang semakin berat, maupun persoalan kebangsaan.

Hal senada diungkapkan peserta Muswil asal Kota Magelang Yatino yang berharap kehadiran kaum muda bisa memperbaiki kinerja organisasi. Karena itu, kata dia, sosok ulama dan manajerial yang merupakan perpaduan muda dan tua dibutuhkan dalam menjalankan organisasi ke depan.

Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jateng Musman Tholib dalam sambutannya pada pembukaan internal Jumat sore membenarkan adanya dorongan agar kalangan muda diberi porsi lebih dalam unsur pengurus wilayah.

Terlebih lagi, kata dia, Jateng merupakan basis terbesar Muhammadiyah di Indonesia. Kehadiran kalangan muda, kata dia, memang bisa memberi semangat dan energi dalam menggerakkan gerbong Muhammadiyah yang besar di Jateng.

"Siapa pun yang akan menduduki kursi pimpinan tentu saja terserah pada pilihan anggota Muswil," ujarnya.

Muswil secara resmi dibuka Sabtu (19/12/2015) di Alun-alun Kudus. Dijadwalkan, pembukaan Muswil ke-47 Muhammadiyah dan Aisyiyah dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta akan dihadiri pula artis ibu kota, Anang dan Ashanty serta Desy Ratnasari untuk menghibur tamu undangan.

Pemilihan pengurus wilayah Muhammadiyah Jateng rencananya digelar Sabtu malam dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 1.394 anggota utusan dari 35 kabupaten/kota yang akan memberikan suaranya untuk memilih 13 nama dari 39 nama calon pengurus wilayah Muhammadiyah Jateng.