Dinas Pendidikan Kendal Bersiap Terapkan Cloud Computing

Kegiatan Pelatihan Dasar Web Page Berbasis Cloud diselenggarakan di Ruang Pertemuan Agro Wisata Tirta Arum, Jl. Soekarno-Hatta Barat, Kabupaten Kendal, Jateng, Senin (31/10 - 2016). (Kendalkab.go.id)
01 November 2016 06:50 WIB Rahmat Wibisono Semarang Share :

Dinas Pendidikan (Disdik) Kendal segera menerapkan cloud computing alias komputasi awan, teknologi terbaru penyimpanan data Internet.

Semarangpos.com, KENDAL – Dinas Pendidikan (Disdik) Kendal sepertinya tak mau ketinggalan zaman dalam urusan teknologi informasi. Cloud computing alias komputasi awan, teknologi terbaru penyimpanan data Internet, sudah akan diaplikasikan dan dikembangkan di lingkungan institusi itu.

Demi mempersiapkan penerapan cloud computing di lingkungan Dinas Pendidikan Kendal, Senin (31/10/2016), digelar Pelatihan Dasar Web Page Berbasis Cloud di Ruang Pertemuan Agro Wisata Tirta Arum, Jl. Soekarno-Hatta Barat, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng). Pelatihan itu diikuti 15 perwakilan dari sekolah menengah pertama (SMP) dan 10 anggota unit pelaksana teknis (UPT) Dinas Pendidikan se-Kabupaten Kendal.

Dalam kegiatan tersebut, Direktur Kaisoft Innovation Center Semarang, Solichoel Soekaemi, datang sebagai narasumber utama. Ia menjelaskan kepada seluruh peserta tentang arti dan fungsi cloud computing. "Cloud Computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis Internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkoneksi melalui Internet menggunakan cloud computing," terangnya seperti dikutip Kendalkab.go.id.

Solichoel Soekaemi juga menjelaskan teknologi komputer berbasis sistem cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan Internet sebagai pusat penyedia layanan untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna dengan berbagai keunggulan dan manfaat. Salah satu manfaatnya adalah semua data tersimpan secara terpusat. Datanya yang disimpan pun aman, pengguna tidak perlu lagi menyediakan media penyimpanan karena telah tersedia secara virtual.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa mengungkapkan bahwa kemajuan tidak akan tercapai tanpa adanya teknologi. Ia juga berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh peserta. “Kita harus senantiasa meng-update dan meng-upgrade perkembangan zaman, karena ke depan Kabupaten Kendal 2017 akan menggunakan sarana teknologi informasi hingga ke desa-desa sehingga akan semakin maju," tuturnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)