KEBAKARAN KUDUS : Tak Lelah Api Lalap Matahari Kudus

22 Februari 2018 16:50 WIB Semarang Share :

Kebakaran Matahadir Dept. Store Kudus tak kunjung padam meskipun telah lewat tengah hari.

Semarangpos.com, KUDUS — Kebakaran di pusat perbelanjaan Matahari Department Store di Jl. Lukmonohadi No. 1, Ploso, Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis (22/2/2018) pagi, tak kunjung padam meskipun telah lewat tengah hari. Sebaliknya, api dilaporkan Kantor Berita Antara, sempat tampak membesar.

Kepala Pemadam Kebakaran PT Djarum Kudus Hardi Cahyana mengakui perilaku api yang tampak membesar selewat tengah hari itu. Ia juga mengaku sempat mengkhawatirkan potensi api menjalar ke bangunan yang ditempat hipermarket Hypermart di seberang bangunan yang ditempat Matahari Dept. Store. Kedua bangunan itu dihubungkan dengan jembatan penyeberangan jalan.

[Baca juga http://www.semarangpos.com/2018/02/22/kebakaran-kudus-mal-matahari-kudus-terbakar-896650" target="_blank">Mal Matahari Kudus Terbakar]

Untuk itu, lanjut dia, dilakukan antisipasi agar api tidak menjalar ke Hypermart Kudus dengan membuat sekat air di jembatan penghubung antara Matahari Plasa dengan Hypermart. "Kami juga menyiapkan fire ground agar api yang membakar isi barang dagangan di lantai II Matahari tidak menjalar ke Hypermart," ujarnya.

Ia mengakui dalam memadamkan api terkendala dengan bangunan yang tidak didesain sesuai prosedur tanggap darurat atau disesuaikan kebutuhan saat kondisi darurat. Akibatnya, lanjut dia, upaya memadamkan api kurang maksimal sehingga harus dilakukan secara manual. Selain itu, kata dia, hidran air juga ada yang tidak berfungsi sehingga mengakibatkan pemadaman tidak bisa maksimal.

[Baca juga http://www.semarangpos.com/2018/02/22/petugas-masih-berupaya-padamkan-api-di-matahari-mall-kudus-896654" target="_blank">Petugas Masih Berupaya Padamkan Api di Matahari Mall Kudus]

Ia berharap, kebakaran tidak sampai menjalar ke Hypermart Kudus. Terkait penyebab kebakaran, kata dia, tentunya menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian. "Informasi awal karena adanya korsleting listrik pada gudang di sisi utara lantai II bangunan Matahari Kudus," ujarnya.

Kebakaran Matahari Dept. Store Kudus di Matahari Plaza Kudus atau populer juga disebut Matahari Mall itu dari waktu ke waktu menjadi perhatian warga dunia maya alias warganet atau netizen. Mereka aktif berbagi foto dan video melalui meia jejaring sosial (medsos) sebagaimana dilakukan pengguna akun Facebook Ifa Liku Romansyah.

[Baca juga http://www.semarangpos.com/2018/02/22/kebakaran-kudus-matahari-dept-store-kudus-terbakar-polisi-sebut-api-diketahui-dari-lantai-ii-896660" target="_blank">Matahari Dept. Store Kudus Terbakar, Polisi Sebut Api Diketahui dari Lantai II]

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengungkapkan armada mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan dalam upaya pemadaman api di Matahari Dept. Store Kudus itu cukup banyak karena hampir semua perusahaan di Kudus memiliki armada pemadam yang dikerahkan. Untuk sementara, lanjut dia, jumlahnya belum bisa dipastikan, karena masih berupaya memadamkan api.

Demikian halnya, imbuh dia, untuk penyebab kebaran juga belum diketahui karena api masih membakar dan petugas belum bisa masuk untuk menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, kebakaran yang melanda Matahari Plasa atau Matahari Mall Kudus diketahui mulai muncul asap sekitar pukul 06.30 WIB.

http://www.semarangpos.com/semarang">KLIK dan https://www.facebook.com/SemarangPos">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya