5 Musim Terakhir, Messi Selalu Mandul di Perempatfinal Liga Champions

Lione Messi (Reuters/Tony Gentile)
11 April 2018 21:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, ROMA – Tersingkirnya Barcelona di Liga Champions musim ini juga menghadirkan catatan buruk bagi Lionel Messi. Penyerang asal Argentina itu ternyata tak pernah mencetak gol di babak perempatfinal Liga Champions dalam lima musim terakhir.

Barca harus angkat koper dari Liga Champions musim ini setelah kalah produktivitas gol tandang dengan AS Roma dalam agregat 4-4. Setelah menang 4-1 pada leg pertama di Camp Nou, Barca secara mengejutkan dilumat Gialorossi tiga gol tanpa balas di Stadion Olimpico, Rabu (11/4/2018) dini hari WIB.

Menariknya, dari delapan gol yang tercipta dalam dua leg tersebut, Messi sama sekali tak berhasil mencetak gol. Pada leg pertama, yang mana Barca mencetak empat gol. Messi tak ikut andil. Rinciannya, dua gol dari bunuh diri pemain AS Roma, dan dua lainnya milik Gerard Pique dan Lusi Suarez.

Ternyata, Messi memang mandul pada babak perempatfinal Liga Champions. Seperti dikutip dari Marca, penyerang berjuluk La Pulga itu tak pernah mencetak gol di babak perempatfinal Liga Champions dalam lima musim terakhir. Padahal, dia rutin bermain di fase tersebut.

Pada musim 2013/2014, Messi absen mencetak gol saat Barca disingkirkan Atletico Madrid dengan agregat 1-2. Satu-satunya gol Blaugarana dicetak oleh Neymar. Semusim berikutnya, Barca mampu menyingkirkan Paris Saint Germain dengan agregat 5-1. Lagi-lagi Messi tak mencetak gol karena kelima gol Barca diborong Neymar (tiga gol) dan Suarez (dua gol).

Pada musim 2015/2016, Barca disingkirkan Atletico Madrid di perempatfinal dengan agregat 2-3. Dua gol Barca dibuat oleh Suarez. Sementara musim lalu, Barca disingkirkan Juventus dengan agregat 3-0. Ditambah dengan musim ini berarti Messi mandul dalam lima musim terakhir di babak perempatfinal Liga Champions.

Kali terakhir mencetak gol di babak perempatfinal Liga Champions adalah saat membobol gawang PSG pada musim 2012/2013. Gol itu diciptakan Messi pada leg pertama di markas PSG, 2 April 2013. Laga itu sendiri berakhir imbang 2-2. Barca akhirnya lolos ke semifinal berkat hasil imbang 1-1 pada leg kedua di Camp Nou.