Pertahanan Rapuh Milan Jadi Bulan-Bulanan Napoli?

AC Milan vs Inter Milan (Reuters/Tony Gentile)
15 April 2018 05:30 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MILAN — AC Milan pernah memiliki pertahanan yang sulit ditembus saat hanya kebobolan dua gol dalam delapan pertandingan medio pertengahan Februari hingga pertengahan Maret 2018. Solidnya lini belakang yang digalang Leonardi Bonucci dan Alessio Romagnoli menandai kebangkitan Rossoneri di awal 2018.

Namun tangguhnya pertahanan itu berpotensi tak berbekas saat mereka menjamu Napoli di San Siro, Minggu (15/4/2018) malam WIB. Di lima laga terakhir di semua ajang, Suso dkk hanya meraih satu kemenangan dan kebobolan hingga sembilan gol.

Artinya, Rossoneri kemasukan hampir dua gol di setiap pertandingan. Rapuhnya pertahanan tersebut bisa makin terekspos akhir pekan ini setelah Bonucci dan Romagnoli harus absen saat menjamu Partenopei. Bonucci harus menjalani skorsing setelah terkena akumulasi kartu, sedangkan Romagnoli mengalami cedera paha saat Milan ditahan Sassuolo 1-1 pekan lalu. Bek 23 tahun itu harus absen selama dua pekan.

Di saat Milan mulai mengkhawatirkan, Napoli justru kembali menemukan momentum untuk merebut puncak klasemen dari tangan Juventus. Pekan lalu Dries Mertens dkk. berhasil meraih kemenangan heroik 2-1 atas Chievo setelah tertinggal lebih dulu hingga menit ke-89. Dengan hasil itu, Napoli tak tersentuh kekalahan di empat laga terakhir di Seri-A dan menjaga jarak dengan Juventus menjadi empat angka.

“Ketika kami mencetak gol penyama, Stadio San Paolo berubah menjadi kawah dan kami mengikuti gelombang itu,” ujar Pelatih Napoli, Maurizio Sarri, seperti dilansir Football Italia.

Tren positif Napoli berpeluang berlanjut mengingat dominasi mereka melawan AC Milan di enam laga terakhir. Di periode tersebut Napoli sukses merebut lima kemenangan tanpa sekalipun menelan kekalahan. Musim lalu mereka juga mampu mempermalukan Milan di San Siro dengan skor 1-2 lewat gol Lorenzo Insigne dan Jose Callejon.

Namun tuan rumah berpotensi memberi perlawanan alot di rumah sendiri. Posisi Milan di peringkat enam bisa terkudeta Fiorentina jika gagal meraih kemenangan. Sejauh ini Milan hanya kalah sekali dalam 13 laga terakhir di Seri-A.