Spesialis Eksekutor Tendangan Bebas Merapat Persis Solo

Para penggawa Persis Solo menjalani latihan di Stadion Manahan, Solo. (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)
15 April 2018 15:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Saat mengarungi musim kompetisi Liga 2 tahun lalu, Persis Solo selalu gagal mencetak gol melalui tendangan bebas. Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan menjadi gol melalui free kick. Sayang, eksekusi yang tidak akurat membuat peluang itu terbuang percuma.

Musim lalu, tidak ada pemain yang bisa diandalkan untuk mengeksekusi free kick. Eksekusi tendangan bebas cenderung dipercayakan kepada pemain yang berbeda-beda seperti M. Wahyu, Tri Handoko dan Bayu Andra. Nama terakhir memang dikenal memiliki sepakan jarak jauh yang cukup akurat. Namun, musim lalu Bayu Andra lebih banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan sehingga kemampuannya itu menjadi kurang terasah.

Tidak adanya pemain yang bisa diandalkan sebagai eksekutor free kick masih menjadi problem krusial yang dihadapi Persis Solo jelang kick off Liga 2 tahun ini. Tim pelatih sempat menaruh harapan kepada Sunarto. Mantan pemain Arema Malang itu diharapkan bisa menjadi eksekutor free kick yang bisa diandalkan. Namun, dalam beberapa laga uji coba resmi yang dijalani Persis Solo, Sunarto belum menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Datangnya Ridwan Awaludin membawa angin segar bagi Laskar Sambernyawa, julukan Persis Solo. Eks pemain Persebaya Surabaya, PSS Sleman dan Madura United berusia 25 tahun itu memang dikenal piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati. Jebolan Sociedad Anónima Deportiva (SAD) Indonesia yang pernah berguru ke Uruguay saat masih berusia di bawah 17 tahun itu sudah tiba di mes Persis Solo pada Kamis (12/4/2018) malam.

Ridwan yang kenyang pengalaman bersama Timnas U-15 hingga U-23 diharapkan bisa menjadi andalan Persis Solo, terutama dalam mengeksekusi bola-bola mati. Ridwan bersama Azka Fauzi dan Mohamad Dyan Aulia Burhanudin sudah menjalani tes medis di Klinik Budi Sehat pada Jumat (13/4/2018) pagi. Burhan beberapa hari ini sudah mengikuti sesi latihan bersama tim dan diturunkan saat uji coba lawan Persijap Jepara sebagai gelandang bertahan. Sementara Azka Fauzi baru dua hari bergabung bersama skuat Laskar Sambernyawa.

“Ridwan Jumat pagi sudah mengikuti latihan. Ketiga pemain masih trial untuk beberapa hari ke depan. Tim pelatih tetap melihat dulu kemampuan mereka selama mengikuti trial. Secara umum, hasil tes ketiganya bagus,” kata pelatih fisik Budi Kurnia melalui media officer Persis Solo, Sabtu (14/4/2018).