Pemkot Semarang Anjurkan Investor Buka Industri di Kabupaten Sekitar

Petani tambak menangkap ikan di tambak ikan air payau kawasan industri Semarang. (Bisnis/Juli Nugroho)
21 April 2018 19:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang menyarankan investor mengembangkan industri di wilayah sekitar seiring dijalinnya kerja sama dengan pemerintah kabupaten di seputar ibu kota Jateng itu. Kerja sama dijalin karena Pemkot Semarang menyadari tidak memiliki lahan cukup untuk kawasan industri.

Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Semarang Ulfi Imran Basuki menuturkan lahan di Kota Semarang sudah tidak memungkinkan untuk menambah kawasan industri baru. Untuk itu kerja sama antar daerah sangat penting dilakukan.

"Kota Semarang mempunyai sembilan kawasan industri, hampir ada di setiap kecamatan, sehingga pembukaan kawasan baru kini dialihkan ke beberapa kabupaten seperti Kendal, Demak, Grobogan dan Kabupaten Semarang," kata Ulfi kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Jumat (20/4/2018).

Beberapa daerah di sekitar Kota Semarang, lanjut dia, mempunyai potensi yang menjanjikan jika dibuatkan kawasan industri baru. Beberapa kabupaten di sekitar Kota Semarang itu, menurut dia, mempunyai lahan yang sangat luas dan representatif untuk dijadikan kawasan industri.

Menurut Ulfi, selain memiliki lahan yang luas, upah yang rendah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk melakukan ekspansi ke wilayah Jateng di luar Kota Semarang. Kendati demikian promosi pemerintah, diakuinya harus banyak dilakukan agar investor tertarik membuka industri baru.

"Investor haruslah jeli memanfaatkan peluang dalam membuka industri baru di sekitar Semarang, agar pemerataan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi bisa merata tiap daerah," tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono mengatakan, interkoneksi antardaerah untuk mengembangkan potensi ekonomi harus segera dirapikan agar investor banyak masuk. Saat ini kebanyakan dari investor hanya membuka industri di Kota Semarang tanpa melihat potensi daerah lain.

Kabupaten Semarang mempunyai banyak potensi industri seperti di kawasan Bawen, Ungaran sudah banyak perusahaan yang mendirikan pabrik diantaranya Kong Guan, Coca-Cola, Sosro, dan beberapa industri garmen.

"Potensi yang bisa dikembangkan cukup banyak untuk industri dan juga pariwisata tinggal para investor memilih bisnis apa yang akan mereka jalankan. Pemerintah juga mendukung penuh adanya investor yang masuk," tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya