Terminal Baru Bandara Semarang Dioperasikan 2 Juni 2018

Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. (ahmadyani/airport.com)
23 April 2018 10:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang bakal dioperasikan setelah verifikasi yang dilakukan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan terkait dengan perkembangan pengerjaan proyek selesai dilakukan. Jika semua lancar maka 2 Juni 2018 terminal baru Bandara Semarang itu bisa difungsikan.

"Verifikasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan pada akhir Mei 2018 itu untuk menentukan pengoperasian bandara, kalau dinilai layak beroperasi, maka 2 Juni 2018 seluruh penerbangan komersial sudah bisa dimulai di lokasi yang baru, sedangkan bandara yang lama sementara hanya untuk bongkar muat kargo," kata Kepala Satuan Kerja Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Toni Alam di Semarang, Rabu (18/4/2018).

Ia menjelaskan bahwa verifikasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan mendatang untuk menentukan pengoperasian terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani karena sesuai dengan target yang diberi pemerintah, bandara yang ada di Kota Semarang itu harus beroperasi pada 2 Juni 2018.

Terkait dengan proses verifikasi oleh Kemenhub, Toni menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya mempercepat penyelesaian proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. "Kami bekerja siang-malam supaya bisa menyelesaikan proyek sesuai waktunya," ujarnya.

Kendati demikian, ia mengakui jika pekerjaan yang sudah selesai seluruhnya adalah landasan pacu dan bangunan, termasuk akses jalan yang menuju bandara baru sudah sepenuhnya selesai. "Ada sejumlah permasalahan terkait wewenang sejumlah lahan dan bangunan, mudah-mudahan dapat segera diselesaikan," katanya.

Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memiliki luas area 58.652 meter persegi atau hampir sembilan kali lebih besar dibanding luasan terminal eksisting yang hanya 6.708 meter persegi. Luas apron baru mencapai 72.522 m2 yang dapat menampung 13 pesawat narrow body atau konfigurasi sepuluh pesawat narrow body dan dua pesawat wide body kargo.

Proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani terdiri dari lima paket yakni Paket 1 pekerjaan lahan dan jalan akses sudah selesai 100 persen, Paket 2 pekerjaan apron dan "taxiway" juga sudah 100 persen, Paket 3 pekerjaan pembangunan terminal akan selesai November 2018, sedangkan Paket 4, yakni bangunan penunjang dan lansekap, serta Paket 5 pekerjaan "water management" akan selesai pada 2019.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara