Batang Rombak Gedung Dekranasda Jadi Pusat Produk Ekonomi Kreatif

Kerajinan seprai lukis menjadi salah satu andalan sektor ekonomi kreatif Kabupaten Batang, Jateng. (Antara/Harviyan Perdana Putra)
25 April 2018 01:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang tampaknya menganut benar tren ekonomi kreatif yang digemakan pemerintah pusat. Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Jl. dr. Wahidin pun kini difungsikan pula sebagai Pusat Produk Ekonomi Kreatif yang mewadahi karya kreatif perajin kayu, kulit, kertas, kaca, dan batik..

Bupati Batang Wihaji sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Antara mengakui bahwa pusat produk kreatif tersebut menempati Gedung Dekranasda. "Bagi siapa pun, baik tamu dari pemda dan di luar pemda maupun masyarakat, bisa mencari oleh-oleh khususnya ekonomi kratif ke gedung Dekranasda Batang," katanya.

Ia mengatakan, pemkab akan terus memberikan ruang pada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang memiliki kegiatan ekonomi kreatif. "Kami berharap dengan dibangunnya tempat pusat produk kreatif tersebut, nantinya siapa saja yang mau pesan produk kerajinan bisa menghubungi Dekranasda," katanya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Batang Uni Kuslantasi Wihaji mengatakan sebenarnya banyak sekali UKM baik embrio maupun yang sudah berkembang, bahkan sudah berjalan maju, di daerah setempat. Hanya saja, kata dia, selama ini produk kreatif berasal dari pelaku UKM belum sepenuhnya mendapatkan tempat untuk dipromosikan pada masyarakat.

"Oleh karena, kami memiliki tanggung jawab melakukan pembinaan, pemberdayaan, penguatan, dan promosi. Kami mengucapkan terima kasih terhadap dukungan pemkab dengan diluncurkannya tempat produk ekonomi kreatif," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara