Barcelona Pastikan Nasib Valverde Aman

Ernesto Valverde (Reuters/Juan Medina)
29 April 2018 18:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA — Gonjang-ganjing nasib Ernesto Valverde di Camp Nou terus mengemuka setelah Barcelona disingkirkan AS Roma di perempatfinal Liga Champions musim ini. Sumbangan gelar Copa del Rey dan kemungkinan Liga Spanyol dinilai belum cukup untuk memenuhi ambisi tim sebesar Barcelona.

Kekalahan dari Roma memang benar-benar menyakitkan bagi Lionel Messi dkk. Sempat unggul telak 4-1 di leg I di Camp Nou, El Barca justru dikuliti 0-3 di Olimpico. Kelayakan Valverde untuk membawa Barca bersaing di kompetisi Eropa pun mulai dipertanyakan setelah kekalahan tersebut.

Namun Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, membantah semua rumor yang berkaitan dengan masa depan Valverde. Bartomeu menegaskan kabar tim yang berniat mendepak Valverde adalah isu yang tak bertanggungjawab. Menurut dia, manajemen sepenuhnya mendukung eks pelatih Villareal itu hingga kontraknya selesai akhir musim depan.

“Kabar yang salah yang menyebutkan bahwa posisi Valverde ada dalam bahaya. Dia ada dalam tahun pertamanya dan baru memulai proyeknya. Kami senang dengannya dan berbincang dengannya secara rutin,” ujar Bartomeu seperti dilansir Sport, Jumat (27/4).

Bartemou mengatakan rumor mengenai Valverde hanya muncul di surat kabar dan sama sekali tak dibahas manajemen Barcelona. Pihaknya menyebut tak ada yang meragukan kapasitas Valverde meskipun tim habis dibuat karam Roma di Liga Champions. “Untuk menyembuhkan diri dari kekalahan, kesuksesan adalah hal wajib. Dua gelar di akhir musim tentu luar biasa,” ujarnya.

Valverde memang berperan besar pada perubahan Barcelona musim ini. Bahkan dia berani mengubah formasi 4-3-3 yang sudah bertahun-tahun digunakan Barca menjadi 4-4-2 dengan mengandalkan Ivan Rakitic dan Sergio Busquets sebagai double pivot di lini tengah. Selain di ambang double winner, Valverde masih berpeluang membawa Barca mencetak sejarah sebagai satu-satunya tim yang tak terkalahkan di Liga Primera dalam semusim selama 86 tahun.