Ada Kampung Warna-Warni Juga di Kendal

Sejumlah siswi melintas di Kampung Ragam Warna, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jateng, Rabu (9/5 - 2018). (Antara/Wisnu Adhi)
10 Mei 2018 15:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KENDAL — Kampung yang dicat berwarna-warni belakangan hari ini semakin menjamur. Selain memperindah tampilan, juga diharapkan mampu menarik perhatian pengunjung untuk sekadar berswafoto karena dianggap Instagramable alias layak ditampilkan di Instagram.

Sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, salah satu kampung yang dirancang Instagramable itu adalah Kampung Ragam Warna di Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tak hanya diharapkan mampu menarik perhatian penggila swafoto, warna-warni itu juga diharapkan mendukung potensi wisata ziarah di kampung tersebut.

"Diharapkan dengan adanya kampung wisata di Mranggen, Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," kata Bupati Kendal Mirna Anissa seusai meresmikan Kampung Ragam Warna di Kabupaten Kendal, Jateng, Rabu (9/5/2018).

Ia meminta masyarakat setempat terus mengembangkan potensi yang ada dan menjaga kebersihan Kampung Ragam Warna yang mendapat dukungan penuh dari perusahaan cat Pacific Paint itu. "Manfaatkan peluang perekonomian yang ada agar kampung ini berkembang dan masyarakatnya menjadi sejahtera," ujarnya.

Mirna mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Kendal akan mendorong adanya kampung serupa di daerah sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. "Sudah kita rencanakan, 286 desa di Kendal akan dibuat tema berbeda untuk membangun keberagaman," katanya.

Direktur Pacific Paint Suryanto Tjokrosantoso menyebutkan pihaknya aktif mendukung kegiatan pengecatan dan seni mural di berbagai daerah di Indonesia dengan membantu penyediaan suplai cat serta pelatihan mengecat, khususnya cat warna-warni Metrolite dan Glotex sebagai produk unggulannya.

Sebelum menjadi sponsor utama Kampung Ragam Warna di Desa Kutoharjo, Kabupaten Kendal, pihaknya telah sukses meresmikan dua kampung tematik di Kampung Bekelir, Tangerang, dan Kampung Merah Putih di Tual, Maluku Tenggara, serta Pecinan Warna Warni di Pasar Kanoman, Cirebon. "Kami bangga bisa membantu warga Kutoharjo menciptakan kampung dengan suasana unik yang mampu menjadi destinasi wisata baru di wilayah Kendal," ujarnya.

Selain itu, kata dia, dukungan untuk keberadaan Kampung Ragam Warna yang disalurkan melalui program corporate social responsibility ini merupakan bentuk komitmen Pacific Paint berkontribusi dalam dunia kepariwisataan di Indonesia. Wiwik Wijaya selaku konseptor Kampung Ragam Warna berharap kampung halamannya bisa menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan sehingga masyarakat dapat semakin maju dan sejahtera.

"Wisatawan dari Kendal dan sekitarnya sudah mulai berdatangan ke Kampung Ragam Warna untuk sekadar berjalan-jalan, menonton pertunjukan seni atau berswafoto dengan latar belakang mural art yang beragam," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara