Final Liga Champions: Ronaldo Memburu Trofi Kelima

Cristiano Ronaldo merayakan gol (Reuters/Sergio Perez)
23 Mei 2018 07:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, KIEV — Menjadi juara Liga Champions merupakan sesuatu yang susah diwujudkan dan bahkan utopis bagi sebagian pesepak bola di dunia ini. Tapi hal itu sepertinya tidak berlaku bagi Cristiano Ronaldo.

Pemain berjuluk CR7 tersebut telah mengoleksi empat trofi. Satu gelar bersama Manchester United dan tiga gelar bersama Real Madrid. Ronaldo menjadi pemain ketiga yang mampu mengangkat Si Kuping Lebar, sebutan trofi Liga Champions, sebanyak empat kali sejak era baru yang dimulai pada 1992/1993.

Dia bersanding dengan gelandang yang baru saja memutuskan pensiun dari Barcelona, Andres Iniesta, serta mantan bintang AC Milan dan Ajax Amsterdam, Clarance Seedorf. Nah, musim ini, pemain berusia 33 tahun itu bisa jadi akan menggenapi koleksi Si Kuping Lebar miliknya menjadi lima.

Seperti halnya tokoh serial Marvel, Thanos, yang melakukan segala cara untuk mengumpulkan enam batu abadi (infinity stones) incarannya, Ronaldo akan berjuang sekuat tenaga memburu trofi Liga Champions kelima dalam kariernya. Syaratnya, dia harus membawa Real Madrid meredam Liverpool pada final Liga Champions di NSK Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Ukraina, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB mendatang.

Jika terwujud, Ronaldo akan menjadi pemain pertama dalam sejarah yang sukses mengantongi lima kali gelar di turnamen paling prestisius Eropa dalam era modern. Tapi, deretan bek Liverpool tidak akan membiarkan Ronaldo mewujudkan ambisinya dengan mulus. Duo palang pintu The Reds, Virgil van Dijk dan Dejan Lovren, telah pasang kuda-kuda untuk membendung peraih lima Ballon d’Or tersebut di Kiev.

“Dia [Ronaldo] mencetak banyak gol dengan kesenangan dalam beberapa tahun ini dan dia punya kualitas yang sangat besar. Dia salah satu pemain terbaik di dunia saat ini, namun saya harus mengatasinya, seperti ketika tim harus mengatasi pemain yang punya kualitas tinggi lainnya. Kami harus benar-benar siap,” jelas Van Dijk, seperti dilansir Skysports.com, Selasa (22/5/2018).

Setali tiga uang, Lovren yakin dia bakal mampu menghentikan amukan Ronaldo dengan bantuan tandemnya itu. Duet Lovren dan Van Dijk membantu Liverpool meraup 17 clean sheet di Liga Premier musim ini, terbaik sejak era pelatih Rafael Benitez.

"Saya siap dengan tantangan. Selalu bagus mendapat kualitas. Virgil punya kualitas yang mambantu tim untuk memperbaiki pertahanan dan juga membantu menenangkan tim," jelas Lovren seperti dikutip Liverpoolecho.co.uk.