Menteri PUPR Akan Bangun Jalan Layang Menuju Bandara Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) infrastruktur di terminal baru Bandara Ahmad Yani Kota Semarang, Jateng, Minggu (27/5 - 2018). (Istimewa)
28 Mei 2018 10:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berencana akan membangun jalan layang sebagai akses ke Bandara Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Basuki mengaku telah mencapai kesepakatan dengan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi setelah berdiskusi dan berkeliling meninjau pembangunan infrastruktur di terminal baru Bandara Ahmad Yani Kota Semarang, Minggu (27/5/2018).

Mnurut Basuki, pembangunan infrastruktur berupa jalan layang itu sangat diperlukan demi memberikan akses khusus menuju maupun keluar bandara. "Pengalaman yang terjai di bandara-bandara lain seperti Juanda dan Kualanamu jalannya tidak dedicated [dikhususkan] untuk bandara, padahal bandaranya bandara internasional," ungkap sang menteri PUPR seperti dikutip pada siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Minggu (27/5/2018).

Berdasarkan usulan wali kota Semarang, Basuki membeberkan jalan layang itu akan dibangun dari kawasan Jl. Anjasmori di Kecamatan Semarang Barat dan berakhir di kawasan Bandara Ahmad Yani Kota Semarang. Infrastruktur penunjang di Bandara Ahmad Yani Kota Semarang yang diperkirakan akan mencapai panjang 12,5 km itu rencananya akan dibangun pada 2018 ini.

Sementara itu, Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—mengaku telah sepakat dengan rencana sang menteri PUPR tersebut. Ia mengungkapkan Bandara Ahmad Yani Kota Semarang nantinya juga akan terhubung dengan jalan tol Semarang-Demak dan jalan tol Semarang-Kendal.

"Tadi juga pak menteri rencananya akan mengkoneksikan bandara dengan jalan Tol Semarang ke Demak dan Semarang ke Kendal, sehingga saya rasa terkait akses pendukung sudah sangat mumpuni untuk sebagai bandara internasional," tandas sang wali kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya