Ganjar Pranowo Ajak Akademisi Selesaikan Masalah Pangan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi istri, Siti Atikoh. (Antara/Wisnu Adhi)
20 September 2018 05:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak kalangan akademisi berkontribusi membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan terkait dengan kondisi pangan secara nasional.

"Teknologi pertanian sebenarnya punya kesempatan luas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan pangan sekaligus membuka lapangan kerja dan kita bisa mengambil peran yang lebih nyata dan konkret untuk pertanian Indonesia," katanya di Kota Semarang, Jateng, Selasa (18/9/2018).

Menurut Ganjar, teknologi pertanian punya pekerjaan rumah yang semakin berat dan menantang, khususnya dalam hal politik pangan, termasuk terkait kebijakan impor beras, jagung, kedelai, serta indeks impor komoditas gandum yang semakin hari kian tinggi.

Politikus PDI Perjuangan itu menilai bahwa sebenarnya bahan-bahan impor bisa digantikan dengan bahan pangan lokal, seperti kedelai asal Kabupaten Grobogan yang memiliki varietas unggul, bahkan Pemprov Jateng terus mendorong pengembangan kedelai lokal melalui kerja sama dengan Perhutani agar mengoptimalkan lahannya.

Selain itu, kata Ganjar, penghiliran hasil riset dan politik pangan bisa didorong dengan diversifikasi pangan lebih banyak, produk unggulan lebih menarik dan berkualitas, rasa yang beragam, serta kemasan lebih bagus.

"Secara umum, masing-masing perguruan tinggi dibagi dalam bidang-bidang tertentu, antara lain, bidang politik energi, sosial, ekonomi, budaya, dan lainnya. Berbagi tugas dalam satu team work serta sebagai penikmat fasilitas negara, saatnya membantu menyelesaikan persoalan bangsa," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara