Piala Asia U-16: Pertahanan Buruk, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Vietnam

Timnas Indonesia U/16 (pssi.org)
24 September 2018 20:31 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, KUALA LUMPUR -- Timnas Indonesia U-16 sementara tertinggal 1 gol di babak pertama dalam pertandingan melawan Vietnam di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (24/9/2018) malam. Indonesia tidak tampil sebaik melawan Iran, buruk dalam transisi pertahanan, dan aksi striker Amirudin Bagus yang terlalu bermain individualis di pertahanan lawan.

Indonesia sudah menekan sejak menit pertama, namun belum mampu menembus ketatnya pertahanan Vietnam. Kubu lawan juga terlihat berhati-hati sehingga bola lebih banyak bergerak di tengah lapangan. Vietnam tampil lebih defensif namun efektif dan terlihat sudah memprediksi pola serangan Indonesia. Mereka pun juga mampu memanfaatkan absennya Supriadi yang membuat Bagus bermain sendirian di depan.

Pada menit 13, Bagas mengancam gawang Vietnam namun tendangannya masih terlalu lemah dan mudah ditangkap kiper lawan. Tekanan Indonesia masih tertahan di menit 19 saat Bagas dilanggar oleh gelandang Vietnam Ngo Duc Hoang yang akhirnya diganjar kartu kuning.

Pelanggaran keras kembali terjadi kali ini terhadap Amirudin Bagus oleh VQ Dunc. Namun bek Vietnam itu tidak diganjar kartu oleh wasit. Bagus kembali menjadi sasaran tackling hingga dua kali oleh bek lawan saat menusuk ke kotak penalti Vietnam pada menit 23. Meski cukup lama tergeletak, Bagus masih bisa melanjutkan pertandingan.

Bagus kembali menusuk di sisi kiri kotak penalti Vietnam di menit 26. Sayangnya bola berhasil dipotong oleh barisan bek Vietnam.

MUhammad Salman melanggar pemain Vietnam di sisi kiri pertahanan Indonesia di menit 29 dan menghasilkan tendangan bebas. Hukuman ini membawa petaka karena bola hasil eksekusi Khuat Van Khang meluncur deras ke gawang Ernando. Vietnam unggul 1-0.

Kegagalan Salman menahan serangan Vietnam di posisi bek sayap kiri tampaknya langsung direspons Fakhri Husaini dengan menariknya di menit 32. Dia digantikan Hamsa Lestaluhu.

Menit 33, Bagus kembali dilanggar Vo Quoc Dunc dan kali ini jatuh tepat di depan area penalti Vietnam. Sayang, bola tendangan Bagus yang menjadi eksekutor masih membentur tembok pertahanan Vietnam.

Sebaliknya, Vietnam kembali mengancam dengan melepaskan tembakan keras yang masih bisa ditangkap Ernando pada menit 36. Mereka terus mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Indonesia yang kerap kedodoran.

Menit 43, Vietnam mengancam melalui crossing KV Khang yang diakhiri heading keras di depan gawang. Beruntung bola masih melenceng di atas gawang. Semenit kemudian, Ernando harus menghadapi tembakan lawan sendirian karena Indonesia kehilangan bola di tengah.

Indonesia (4-3-3)

Ernando
Komang, Fadillah, Salman (Hamsa Lestaluhu, 32'), Bagas
David, Brylian, Andre
Amanar, Yudha, Bagus