Diimbangi India, Indonesia Juara Grup C Piala Asia U-16

Timnas Indonesia U/16 (Twitter pssi)
27 September 2018 21:45 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, KUALA LUMPUR - Timnas Indonesia U-16 mendapat tantangan dari India di partai terakhir Grup C Piala Asia U-16. Di laga ini, kedua tim bermain imbang 0-0. Hasil imbang membuat kedua tim lolos ke babak perempatfinal. Indonesia sebagai juara grup, sementara India menempati posisi runner up.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/9/2018) malam WIB, Indonesia mencoba menggebrak sejak awal. Beberapa kali mereka mampu mengancam gawang India di menit-menit awal.

David Maulana bahkan dua kali bisa melepaskan tembakan jarak jauh. Meski kedua tendangan kerasnya itu masih belum menemui sasaran. India sempat membalas lewat sundulan dari kapten mereka. Namun, bola masih melambung di atas mistar gawang meski dia berdiri bebas.

Setelah itu, Indonesia terus menekan. Namun pertahanan India sangat rapat membuat Indonesia kerepotan. Tim Garuda Muda kembali mendapat peluang di menit ke-26. Tembakan Bagas Kaffa di dalam kotak penalti masih bisa ditangkap kiper lawan.

Jelang babak pertama usai, Indonesia kembali mengancam. Kali ini sepakan keras Bagus Kahfi dari dalam kotak penalti masih melebar tipis di sisi gawang. Skor 0-0 tersebut bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, India mulai keluar dari tekanan. Mereka mulai berani memainkan bola dengan umpan-umpan pendek untuk mendominasi penguasaan bola. Namun sayang, serangannya masih belum bisa membahayakan gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari.

Bahkan India nyaris membuat gol di menit ke-67. Salah satu pemain mereka berhasil mencocor bola melewati kiper Ernando Ari. Beruntung masih ada pemain belakang Indonesia yang mampu menyapu bole keluar dari area gawang.

Sementara itu, Indonesia masih sulit memberikan ancaman berbahaya ke gawang India seperti babak pertama. Akselerasi para pemain mereka kerap dipatahkan lini belakang India yang tampil solid. Ancaman berarti baru datang di menit ke-76 melalui tendangan bebas Rendy Juliansyah. Namun bola masih melambung.

Setelah itu, Indonesia terus menggempur pertahanan India. Namun hingga laga berakhir tak ada gol yang tercipta. Hasil imbang ini membuat Indonesia lolos sebagai juara Grup C Piala Asia U-16.

Susunan pemain Timnas Indonesia
Ernando Ari, Komang Teguh, Fadillah Rahman, M. Yudha, Bagas Kaffa, David Maulana, Brylian Negietha, Andre Oktaviansyah, M. Supriadi, Sutan Zico, Bagus Kahfi