Jelang Hari Santri Nasional, Jokowi Beri Nasehat ke Santri

Presiden Joko Widodo disambut Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat tiba di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jumat (19/10 - 2018). (Semarangpos.com/Humas Pemprov Jateng)
20 Oktober 2018 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Menjelang peringatan Hari Santri Nasional ke-4 yang jatuh pada Senin (22/10/2018), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan kepada para santri di Indonesia. Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Republik Indonesia (RI) itu meminta santri untuk terus meningkatkan kemampuan agar bisa bersaing di era global.

Hal itu disampaikan Jokowi saat berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Girikesumo, Kelurahan Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (19/10/2018).

“Yang jelas ke depan kita [pemerintah] ingin memberikan perhatian yang lebih kepada pondok pesantren, kepada para santri, dalam rangka pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang akhlakul karimah,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap perhatian pemerintah itu dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh oleh para santri. Dengan perhatian itu, santri pun tidak hanya memiliki akhlak yang karimah tapi juga memiliki keterampilan dan skill yang tinggi untuk menghadapi persaingan di era modern atau industri 4.0.

“Sehingga para santri nantinya juga bisa bersaing dengan negara lain,” imbuh Jokowi.

Jokowi menyebutkan, selama empat tahun masa pemerintahannya, fokus pembangunan memang dititikberatkan pada infrastruktur. Pembangunan infrastruktur ini dibuktikan dengan didirikannya proyek tol yang menghubungkan daerah yang satu dengan daerah yang lain, seperti di Jateng.

Selama pemerintahan Jokowi, beberapa ruas tol mulai dibangun, seperti tol Semarang-Batang yang ditarget beroperasi pada November nanti, tol Salatiga-Solo yang selesai dikerjakan Desember nanti, dan tol Pejagan-Brebes.

“Empat tahun ini fokus pembangunan infrastruktur, baru tahap berikutnya konsentrasi pada pembangunan sumber daya manusia atau human capital dalam rangka persaingan global. Pondasi dua itu penting [infrastruktur dan sumber daya manusia] untuk mengantarkan negara menjadi maju,” jelas Jokowi.

Dalam kunjungannya ke Ponpes Girikesumo itu, Jokowi juga menyempatkan diri berbincang dengan pengasuh ponpes, K.H. Munif Muhammad Zuhri. Selain Ponpes Girikesumo, Jokowi juga direncanakan berkunjung ke Ponpes Al Itqon, Tlogosari, Semarang, Sabtu (20/10/2018).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya