Sempat Tertinggal, Indonesia Bekuk Timor Leste 3-1

Timnas Indonesia (Pssi.org)
13 November 2018 20:57 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, JAKARTA - Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan atas Timor Leste pada matchday kedua fase penyisihan Grup B Piala AFF 2018. Indonesia menang dengan skor 3-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu.

Indonesia merotasi pemain dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Selasa (13/11/2018) malam WIB tersebut. Beberapa pemain yang tidak dimainkan pada pertandingan sebelumnya tampil sejak awal seperti Andik Vermansyah, Gavin Kwan, dan M. Hargianto.

Namun di awal laga, Indonesia justru tertekan. Timor Leste mampu menguasai permainan dan menciptakan sejumlah peluang. Bahkan, peluang-peluang yang dihasilkan Timor Leste cukup berbahaya dan mengancam gawang Andritany.

Indonesia sendiri baru bisa mengancam gawang Timor Leste pada menit ke-12. Mereka mendapat hadiah tendangan bebas setelah Evan Dimas dijatuhkan tak jauh dari kotak penalti. Sayang, eksekusi Hargianto masih melambung tipis di atas gawang.

Menit ke-20, Indonesia kembali mengancam. Kali ini melalui sundulan sang kapten, Hansamu Yama Pranata, yang memanfaatkan umpan dari tendangan pojok. Namun, sundulan Hansamu masih melebar tipis di sisi gawang.

Di sisa menit babak pertama, Indonesia terus berusaha untuk mencetak gol. Sejumlah peluang berbahaya pun didapatkan termasuk tendangan Hansamu Yama yang masih membentur tiang gawang. Hingga jeda turun minum, skor imbang 0-0 tetap bertahan.

Babak kedua baru berjalan dua menit, Timor Leste mampu mencuri gol. Rufino Gamam mampu memperdaya Andritany Ardhiyasa lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Timor Leste pun unggul 0-1 atas Indonesia.

Tertinggal, Indonesia lantas menggempur pertahanan Timor Leste. Setelah dua peluang dari Evan Dimas dan Septian David gagal, Indonesia akhirnya menyamakan kedudukan melalui Alfath Fathier. Tembakan melengkung Alfath di kotak penalti gagal ditepis dengan sempurna oleh kiper Timor Leste. Skor menjadi imbang 1-1.

Pada menit ke-68, Indonesia berbalik unggul menjadi 2-1. Stefano Lilipaly berhasil mencatatkan namanya di papan skor melalui tendangan penalti. Hadiah penalti diberikan kepada wasit untuk Indonesia setelah Andik Vermansyah dijatuhkan di kotak terlarang.

Bahkan Indonesia mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 pada menit ke-81. Berawal dari akselerasi Riko Simanjuntak, bola dioper ke kotak penalti. Alberto Goncalves menyambut umpan Riko dengan sundulan dan berhasil memperdaya kiper Timor Leste.

Di sisa menit, Indonesia terus berusaha menambah gol. Namun, peluang-peluang matang mereka gagal berbuah gol. Demikian juga dengan Timor Leste yang beberapa kali mengancam gawang Indonesia. Hingga laga berakhir, skor 3-1 untuk Indonesia tetap tak berubah.

Susunan pemain Timnas Indonesia:
Andritany Ardhiyasa, Gavin Kwan, Fachruddin, Hansamu Yama, Fathier Al-Fath, M. Hargianto, Evan Dimas, Septian David, Andik Vermansyah, Febri Hariyadi, Alberto Goncalves