Bekuk Timor Leste, Indonesia Tak Boleh Jemawa

Timnas Indonesia (Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay)
14 November 2018 13:39 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, JAKARTATimnas Indonesia akhirnya meraih kemenangan perdana mereka pada putaran Grup B Piala AFF 2018 setelah menekuk Timor Leste 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018) malam WIB.

Kemenangan Indonesia diperoleh dengan tidak mudah. Tim Garuda, julukan Indonesia, sempat tertinggal 0-1 oleh gol pemain Timor Leste, Rufino Walter Gama, pada menit ke-47. Pasukan yang dipoles Bima Sakti bangkit membalikkan keadaan dengan tiga gol, masing-masing lewat sepakan Alfath Faathier (menit ke-61), tendangan penalti Stefano Lilipaly (69’), serta sundulan Alberto “Beto” Goncalves (82’).

“Saya mengucapkan alhamdulilah karena hari ini [Selasa] telah diberikan kemenangan. Terimakasih juga bagi semua pemain yang telah bekerja keras, bermain maksimal. Kita sempat tertinggal tapi kemudian bangkit,” ujar Pelatih Indonesia, Bima Sakti, seperti dilansir Twitter resmi PSSI.

Namun, Indonesia tidak bisa bersantai dengan kemenangan ini. Tim Garuda akan melakoni laga berat pada matchday ketiga Grup B, yakni dengan melawan juara bertahan Thailand, di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018) pukul 18.30 WIB. Dalam tiga lawatan terakhir ke Negeri Gajah Putih, Indonesia selalu menelan kekalahan. Dalam kunjungan paling gres, Indonesia dibekuk Thailand dua gol tanpa balas di Stadion Rajamangala pada final Piala AFF 2016 lalu.

Posisi Indonesia belum sepenuhnya aman untuk lolos ke semifinal. Saat ini, empat dari lima tim di Grup B sama-sama mengantongi 3 poin, yakni Thailand, Indonesia, Filipina, dan Singapura. Indonesia berada di urutan kedua di bawah Thailand. Sedangkan Filipina dan Singapura masing-masing di urutan ketiga dan keempat. Tapi, Indonesia tinggal menyisakan dua laga, sedangkan Thailand dan Filipina masing-masing masih menyisakan tiga pertandingan.

Indonesia masih menyisakan dua pertandingan berat, yakni laga tandang melawan Thailand dan pertandingan kandang kontra Filipina. Filipina yang dilatih Sven Goran Eriksson melakoni debut mereka di Piala AFF 2018 dengan menundukkan Singapura dengan skor 1-0, Rabu malam WIB.

Minimnya dukungan penonton di SUGBK menjadi sorotan di pertandingan ini. Kursi penonton di stadion termegah di Tanah Air tersebut banyak yang kosong saat pertandingan Indonesia versus Timor Leste. Tercatat “hanya” sekitar 9.000 penonton yang menempati stadion berkapasitas sekitar 77.000 orang tersebut.