Piala AFF 2018: Filipina Hadapi Thailand, Indonesia Ikut Deg-Degan

Timnas Indonesia (Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay)
21 November 2018 04:30 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BACOLOD CITY—Pertandingan Filipina versus Thailand di Panaad Stadium, Bacolod City, Rabu (21/11/2018) pukul 18.30 WIB, tidak hanya akan menjadi perhatian bagi pendukung kedua tim.

Suporter Timnas Indonesia bakal ikut mengawal laga tersebut karena bisa memengaruhi nasib Stefano Lilipaly dkk. di Piala AFF 2018 ini.
Sebenarnya bukan hanya pertandingan di Bacolod City yang bakal dipantau pendukung Tim Garuda, julukan Indonesia. Laga lain pada Grup B Piala AFF antara Singapura versus Timor Leste di National Stadium, Singapura, juga bakal menjadi perhatian tim yang diarsiteki Bima Sakti.

Ya, di saat Indonesia rehat pertandingan, Filipina akan bertemu Thailand dan Singapura menjamu Timor Leste. Pada putaran Grup B. Indonesia akan dipastikan tersingkir alias gagal lolos ke semifinal Piala AFF jika Filipina versus Singapura berbagi skor imbang tanpa memedulikan hasil Singapura melawan Timor Leste. Sebab hasil draw di Bacolod City membuat Filipina dan Singapura bakal mengumpulkan masing-masing tujuh poin. Nilai tersebut menjadi mustahil disalip Indonesia yang baru mengemas tiga poin dalam satu laga tersisa, yakni melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (25/11/2018) malam WIB. Sebagai catatan, hanya dua tim teratas di klasemen akhir grup yang lolos ke semifinal turnamen sepak bola se-Asia Tenggara ini.

Namun, hasil imbang bisa berisiko bagi Filipina dan Thailand. Sebab, jika Singapura mampu menundukkan Timor Leste, Filipina dan Thailand hanya akan unggul satu poin atas tim Negeri Singa dalam satu pertandingan tersisa. Filipina dan Thailand, yang sama-sama meraih hasil sempurna dalam dua pertandingan pembuka Grup B, sontak bakal bertarung untuk menang agar secepatnya mengunci tiket ke semifinal.

“Ini jelas-jelas pertandingan penting bagi kedua tim, dengan kemenangan maka tim akan lolos ke semifinal. Kami menduga ini laga berat dan kami akan mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Mr. [Sven Goran] Eriksson [Pelatih Filipina] adalah pelatih hebat. Kami berdua punya pengalaman dan kami sadar betapa pentingnya laga ini,” ujar Pelatih Thailand, Milovan Rajevac, seperti dilansir affsuzuki.com, Selasa (20/11/2018).

Indonesia sendiri berharap Thailand bisa menaklukkan Filipina pada duel di Bacolod City dan Singapura gagal menaklukkan Timor Leste. Dengan skenario itu, peluang Tim Garuda untuk lolos ke semifinal bisa sedikit terbuka. Pada pertandingan penutup Grup B yang dihelat serentak pada Minggu, Indonesia tinggal menundukkan Filipina di SUGBK serta berharap kembali pada Thailand agar menghajar Singapura di Rajamangala.

Filipina memiliki rekor buruk melawan Thailand. Mereka tak pernah menang kontra Gajah Perang, julukan Thailand, dalam 16 kali pertemuan dalam kurun waktu 46 tahun terakhir. Khusus di Piala AFF, Filipina dan Thailand berjumpa delapan kali. Filipina menelan tujuh kekalahan dalam delapan duel itu. Namun, Filipina bersama Eriksson tentu tak ingin meneruskan rekor buruk tersebut. Apalagi mereka bermain di hadapan pendukung sendiri.
“Thailand favorit sebagai juara grup. Saya harap kami bisa mengubah itu. Jika kami bermain bagus, kami punya peluang bagus pula. Kami harus berpikir positif,” ungkap Eriksson.