Ingin Jual Dembele, Barca Bisa Rugi Rp500 Miliar

Ousmane Dembele (Reuters/Sergio Perez)
22 November 2018 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONABarcelona tengah dalam kondisi dilema menyikapi keberadaan Ousmane Dembele. Di satu sisi, tim didesak segera menjual Dembele menyusul deretan sikap indisipliner sang pemain. Namun di sisi lain Blaugrana bisa rugi hingga setengah triliun jika melego winger Timnas Prancis itu.

Barcelona menggaet Dembele dari Borussia Dortmund dengan mahar 105 juta poundsterling (Rp1,961 triliun) pada musim panas 2017. Pemain 21 tahun ini sebenarnya tampil menjanjikan dengan mengemas 10 gol dan 10 assist dalam 38 penampilannya. Sayang Dembele punya problem terkait dengan kedisiplinan.

Sang pemain sering telat atau mangkir di latihan sehingga membuat Ernesto Valverde meradang. Dembele juga mengalami kecanduan game akut yang membuat dirinya kesulitan berkonsentrasi di lapangan hijau.

Rentetan sikap negatif itu membuat Barca mulai berpikir untuk melego Dembele di bursa transfer berikutnya. Sejumlah tim seperti Arsenal dan Liverpool dikabarkan ngebet untuk mendatangkan winger berkecepatan tinggi tersebut. Namun Harian Jerman, Die Welt, melaporkan Los Cules akan mendapat ganjalan besar jika menjual sang pemain.

Ada sebuah klausul di dalam kesepakatan transfer Dembele yang mewajibkan Barca membayar 26 juta poundsterling (Rp485 miliar) pada Dortmund jika tim melego sang pemain sebelum kontraknya berakhir pada 2022. Dengan demikian, Barca harus kehilangan kocek hingga 131 juta poundsterling (Rp2,44 triliun) dalam transfer Dembele.

Menurut laporan Die Welt, Barcelona kemungkinan akan tetap mengambil risiko untuk menjual Dembele. Blaugrana kabarnya akan meningkatkan harga jual Dembele menjadi sekitar 150 juta poundsterling (Rp2,8 triliun) agar tetap mendapatkan keuntungan dari transfer tersebut. Apalagi mereka dikabarkan mengincar winger Mohamed Salah yang harganya mencapai 250 juta euro (Rp4,1 triliun).

Namun rencana penjualan Dembele mendapat sorotan mantan kapten Barcelona yang kini membela Vissel Kobe, Andres Iniesta. Dia menilai Dembele layak bermain di level atas bersama Barca. “Dembele adalah pemain hebat,” ujarnya seperti dilansir Tribal Football, Kamis (22/11).

Meski demikian, Iniesta mewanti-wanti sang pemain agar bekerja keras meningkatkan performanya. “Hanya itu yang harus dia lakukan untuk membuat dirinya merasa penting, tidak ada keraguan tentang itu,” ujar gelandang 34 tahun tersebut.