Roma Gagal Menang, Di Francesco Tak Mau Cari Alibi

AS Roma (Reuters/Tony Gentile)
09 Desember 2018 21:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, CAGLIARI - Badai cedera yang menerpa para penggawa AS Roma memang tak pelak memberi dampak buruk bagi performa tim. Terbaru, tim berjuluk Giallorosi tersebut ditahan imbang oleh Cagliari pada pertandingan pekan ke-15 Serie A Italia, Minggu (9/12/2018) dini hari WIB dengan skor 2-2.

Laga yang berlangsung di kandang Cagliari, Stadion Sardegna Arena tersebut berjalan keras. Wasit yang memimpin pertandingan, Paolo Silvio Mazzoleni, bahkan terpaksa mengeluarkan dua kartu merah bagi pemain tuan rumah.

Hasil itu membuat Roma tertahan di posisi ke-7 klasemen sementara dengan mengemas 21 poin. Absennya beberapa pilar seperti Edin Dzeko, Stephan El Shaarawy, Daniele De Rossi, Lorenzo Pellegrini dan Ante Coric, benar-benar membuat keseimbangan tim besutan Eusebio Di Francesco terganggu. Di sisi lain, Cagliari mengemas 17 poin dan
bertengger di posisi 13 klasemen sementara.

Roma memecah kebuntuan melalui tendangan Bryan Cristante pada menit ke-14. Roma kemudian bisa menggandakan keunggulan. Tendangan bebas Kolarov terdefleksi setelah membentur kepala Alberto Cerri sehingga mengoyak jala gawang Cragno tanpa dapat diantisipasi. Hingga babak pertama, Roma masih unggul dengan 0-2.

Memasuki babak kedua, Cagliari makin menggencarkan serangan. Para pemain yang dilatih Rolando Maran akhirnya dapat menjebol gawang yang dijaga Robin Olsen melalui sundulan Artur Ionita pada menit ke-84. Pada menit jelang berakhirnya pertandingan, terjadi chaos. Para pemain Cagliari tak terima dengan keputusan wasit yang memberikan kartu kuning kepada Paolo Farago setelah ia bertubrukan dengan Olsen.

Protes keras dari Cagliari membuat wasit mengeluarkan kartu merah bagi dua pemain Cagliari yaitu Luca Ceppitelli and Darijo Srna. Meski hanya bermain dengan sembilan pemain, nyatanya Cagliari justru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-90+5 melalui gol yang
dilesakkan oleh Marco Sau.

Pelatih Roma, Eusebio Di Francesco, mengatakan pemainnya telah berupaya keras selama 70 menit pertama pertandingan. Tetapi mereka tak bisa menutup pergerakan pemain lawan. Menurutnya, timnya memiliki banyak pemain berpengalaman, tetapi mereka masih membuat kesalahan.

"Kami berusaha keras tetapi ketika konsentrasi tidak ada, tidak mudah untuk memenangkan pertandingan di Serie A. Tidak ada alasan, kami 11 orang melawan sembilan orang dan kami masih membiarkan mereka membuat dua gol," ujarnya seperti dilansir dari Calciomercato.com.

De Rossi? Dia adalah pemimpin tim tetapi dia telah menepi selama 40 hari [karena cedera].Kami tidak memiliki banyak pemain yang tersedia untuk pertandingan hari ini, tetapi sekali lagi, kami tidak dapat menggunakan ini sebagai alasan. Kami tidak terlalu baik," sambungnya. Ivan Andimuhtarom/JIBI